Bola Internasional

2 Catatan Mengejutkan Timnas Indonesia Usai Bantai Myanmar di Piala AFF U-19 2022

Senin, 11 Juli 2022 06:27 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 harus terhenti, setelah finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A meski menang besar atas Myanmar.

Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong harus puas finis di peringkat tiga klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022, akibat kalah head to head dengan Vietnam, dan Thailand yang lolos ke semifinal.

Sebenarnya, poin yang diperoleh Timnas Indonesia sama dengan Vietnam, dan Thailand. Tiga tim tersebut berhasil mengumpulkan 11 poin.

Namun nasib sial harus menghampiri Ronaldo Kwateh dkk karena di laga penentuan lainnya yang mempertemukan Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1.

Pasalnya menurut regulasi dari AFF jika ada tim yang memiliki poin sama di satu grup, maka untuk menentukan tim yang berhak lolos adalah H2H.

Apesnya, armada Shin Tae-yong harus bermain imbang 0-0 ketika bertemu dengan Vietnam di pertandingan pertama, dan imbang 0-0 juga kala bertemu dengan Thailand di matchday ketiga.

Maka dari itu, Vietnam dan Thailand merupakan tim yang menjadi wakil dari Grup A yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran berhasil mencetak satu ketika keduanya saling bertemu di laga terakhir dalam ajang tahunan AFF.

Sedangkan di dua laga yang dijalani, Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong tidak berhasil mencetak satu gol pun.

Walaupun Timnas Indonesia tidak lolos ke semifinal, namun tuan rumah gelaran Piala AFF U-19 2022 ini berhasil mencatatkan dua fakta yang mengejutkan.