Bola Internasional

Miris! Hanya 1 Pemain Garuda Select yang Dipanggil ke Timnas Indonesia U-16

Jumat, 15 Juli 2022 14:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram @hnfrmdhan06_
M. Hanif Ramadhan, pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-16. Copyright: © Instagram @hnfrmdhan06_
M. Hanif Ramadhan, pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Hanya ada satu pemain jebolan Garuda Select yang dipanggil untuk pemusatan latihan (TC) dan seleksi Timnas Indonesia U-16, jelang Piala AFF U-16 2022.

Sebagaimana diketahui, Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola muda Indonesia di Inggris. Program ini sudah berlangsung selama empat musim.

Pemain yang diseleksi umumnya adalah usia U-16. Sehingga, para pemain diproyeksikan untuk jadi tumpuan Timnas Indonesia U-16.

Namun nyatanya, dari program Garuda Select 4 yang sudah selesai dilangsungkan di awal tahun 2022 lalu, hanya terdapat satu pemain yang kini dipanggil ke Timnas U-16.

Adapun pemain tersebut ialah Muhammad Hanif Ramadhan, pemain berusia 16 tahun yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Potensi Hanif Ramadhan terlihat ketika ia membela T.Eleven di ajang Piala Jakarta. Kala itu, mantan pemain Chelsea, Dennis Wise, jatuh cinta pada aksinya di lapangan.

Hanif kemudian dipanggil untuk menjalani latihan dan uji coba di Inggris, dalam ajang Garuda Select. Ia kerap menjadi andalan di lini tengah, bergantian dengan pemain lain.

Walau kalah jam terbang dari penggawa Garuda Select lainnya, tetapi Hanif yang usianya tidak melewati 16 tahun, masih masuk kriteria Timnas Indonesia U-16.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti yang langsung menunjuknya, bersamaan dengan penunjukkan 29 pemain lain untuk mengarungi kompetisi Piala AFF U-16 2022.