Bola Internasional

Eks Petinggi Barcelona Berhasrat Reuni dengan Lionel Messi di Inter Miami

Senin, 18 Juli 2022 15:05 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Prio Hari Kristanto
© psg
Mantan bos eksekutif klub Liga Spanyol Barcelona, Xavier Asensi, menyatakan bahwa ia bermimpi bisa mendapatkan Lionel Messi di Inter Miami. Copyright: © psg
Mantan bos eksekutif klub Liga Spanyol Barcelona, Xavier Asensi, menyatakan bahwa ia bermimpi bisa mendapatkan Lionel Messi di Inter Miami.

INDOSPORT.COM – Mantan bos eksekutif klub Liga Spanyol Barcelona, Xavier Asensi, menyatakan bahwa ia bermimpi bisa mendapatkan Lionel Messi di Inter Miami.

Tujuannya tak lain adalah demi menjadikan The Herons sebagai referensi sepak bola nomor satu di Amerika Serikat.

Asensi adalah CBO (Chief Business Officer) Inter Miami, rival pertama Barcelona dalam tur Amerika Serikat. Itu berarti ia hampir menjadi ketua eksekutif, penanggung jawab utama untuk semua bagian non-olahraga.

Ia telah menghabiskan sepuluh tahun di Barcelona, di mana ia menjadi direktur area komersial setelah sebelumnya menjadi direktur kantor Hong Kong.

Dari kantor itu, ia menolak penandatanganan faktur untuk layanan yang dianggapnya tidak jelas dan tidak dapat dibenarkan dari I3 Ventures.

Industri olahraga di Amerika Serikat adalah salah satu yang paling relevan. Sepak bola adalah salah satu yang tumbuh, meski kurang diminati dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Wajah yang terlihat dari pertumbuhan itu adalah MLS dan Piala Dunia empat tahun dari sekarang.

Sepak bola tumbuh dan menjadi olahraga paling global yang ada, tetapi ini adalah pertumbuhan yang lambat, bukan eksponensial.

Saat ditanya mengenai kemudahan cara mencari pemasukan untuk Barcelona dibandingkan Inter Miami, Asensi cukup banyak memberi penjelasan.

“Ada tiga pemasukan: hak siar TV, segala yang dihasilkan dari hari pertandingan, dan perjanjian komersial. Di sini, sebagai liga tertutup, MLS-lah yang mengelola hak siar TV dan untuk klub, hak-hak tersebut relatif rendah; pendapatan dari hari pertandingan bergantung pada stadion; dan perjanjian komersial sangat bergantung pada Liga,” ujarnya seperti dikutip dari Mundo Deportivo (17/07/22).