In-depth

Kabar 5 Mantan Debutan yang Seangkatan dengan Lionel Messi di Barcelona

Senin, 18 Juli 2022 22:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Lionel Messi saat masih berseragam klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images. Copyright: © Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images
Lionel Messi saat masih berseragam klub Liga Spanyol, Barcelona. Foto: Tullio Puglia - UEFA/UEFA via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Sebagai megabintang yang sukses salah satunya berkat asuhan Barcelona, Lionel Messi tentu tidak akan melupakan jasa klub Liga Spanyol (LaLiga tersebut).

Bertahun-tahun lamanya ia menimba ilmu di tempat ini, setelah tampil gemilang sebagai seorang bocah Argentina yang merantau jauh ke Spanyol.

Sederet gelar pun sudah berhasil ia raih selama berseragam Blaugrana, plus nama besar yang telah tersohor ke mana-mana. Alhasil, tidak sedikit yang mengira ia akan gantung sepatu di Barcelona.

Akan tetapi, takdir ternyata berkata lain. Situasi finansial sulit yang menerpa sang raksasa Spanyol pun jadi biang keroknya.

Ditambah adanya konflik internal yang melibatkan mantan presiden klub, Lionel Messi pada akhirnya hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Bersama Les Parisiens, meski sempat terseok-seok saat awal bergabung, kesuksesan La Pulga tetap tidak terbendung.

Walau kini sudah sukses di Liga Prancis, jasa besar Barcelona dalam mengorbitkan Lionel Messi akan tetap dikenang sepanjang masa.

Lionel Messi pertama kali debut kompetitif di Barcelona pada Oktober 2004, yang mana pada waktu itu ia masuk sebagai pemain pengganti di pertandingan melawan Espanyol.

Tentu saaja, ia bukan satu-satunya pemain Barcelona yang melakoni debut kompetitif pada tahun itu. Lionel Messi muda yang masih berusia 17 tahun itu punya rekan seangkatan yang kini nasibnya entah ke mana.

Bahkan, beberapa di antaranya memiliki nama asing yang tidak terlalu familier di telinga publik sepak bola. Siapa saja? Berikut ulasannya.