Bola Internasional

Masyarakat Vietnam Ramai-ramai Dukung Indonesia Angkat Kaki dari AFF

Senin, 18 Juli 2022 14:27 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Mencuatnya kabar yang mengatakan bahwa Indonesia akan keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tampaknya membuat masyarakat Vietnam beramai-ramai mendukung keputusan Indonesia tersebut.

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 tampaknya masih menyisakan cerita di kalangan para penggemar sepak bola Tanah Air.

Bahkan, para penggemar sepak bola Tanah Air sampai ramai-ramai menyarankan agar Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mundur dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Saran itu bahkan ramai disampaikan di media sosial dalam beberapa hari belakangan ini. Warganet menyarankan agar PSSI pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur atau East Asian Football (EAFF).

Seruan dari para penggemar sepak bola tersebut juga bukan tanpa alasan. Pasalnya, dalam gelaran Piala AFF U-19 2022 tersebut Timnas Indonesia seperti dicurangi oleh aturan yang berlaku di AFF.

Terlebih, ketika ditemukannya dugaan yang mengatakan bahwa Vietnam dan Thailand sama-sama bermain mata untuk membuat Indonesia tidak lolos semifinal Piala AFF U-19 2022.

Mendengar kabar Indonesia akan keluar dari AFF dan hendak berpindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), masyarakat Vietnam justru beramai-ramai mendukung keputusan tersebut.

Hal itu terlihat kala media Vietnam, Dantri, membuat pemberitaan mengenai Indonesia yang akan memutuskan untuk keluar dari AFF lalu berpindah ke EAFF.

“Kabar baik, jika Indo keluar dari AFF, turnamen regional akan mengurangi 1 tim yang mengkhususkan diri dalam membeli "kaki" lawan dan sepak bola akan jauh lebih baik. Semoga Indo segera bergabung dengan EAFF agar federasi lain dapat segera menikmati spesialisasi!,” tulis Minh Bui dalam komentar dari artikel media Vietnam tersebut.

“Saya mendukung Indonesia keluar dari AFF dan bergabung dengan EAFF,” tulis Toan Lae dalam komentar yang lain.