eSports

Buntut Konflik Berkepanjangan, EA Sports Resmi Tendang Rusia dari Game FIFA 23

Jumat, 22 Juli 2022 22:21 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Stanislav Krasilnikov/GettyImages
Selebrasi dari Artyom Dzyuba (kiri) and Fyodor Smolov, 2 pemain Rusia yang terancam akan dihapus dari game FIFA 23 Copyright: © Stanislav Krasilnikov/GettyImages
Selebrasi dari Artyom Dzyuba (kiri) and Fyodor Smolov, 2 pemain Rusia yang terancam akan dihapus dari game FIFA 23

INDOSPORT.COM – Imbas konflik antara Rusia, dan ukraina akhirnya merembet ke dunia Esports. EA telah mengkonfirmasi FIFA 23 tidak akan menampilkan timnas atau klub Rusia.

Hal tersebut dilakukan oleh EA Sports sebagai langkah untuk mengecam aksi Rusia atas Ukraina, yang hingga saat ini belum selesai.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga telah melarang timnas dan klub Rusia untuk tampil di semua ajang.

Hukuman dari FIFA membuat tim nasional Rusia tak akan bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Keputusan yang diambil oleh kedua Federasi tersebut sebagai bentuk solidaritas atas invasi yang dilakukan oleh Rusia terhadap Ukraina.

UEFA juga mengambil langkah tegas dengan memutus kerjasamanya dengan sponsor mereka yang berasal dari Rusia, Gazprom.

Sanksi dari FIFA tersebut membuat tim nasional Rusia tak akan bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang.

Sementara bagi klub-klub Rusia, hukuman dari UEFA membuat mereka tak bisa tampil di kancah Liga Primer Rusia (RPL), Liga Champions, Liga Europa, bahkan Conference League.

Tidak berhenti disitu, pemerintah Inggris juga memberikan sanksi berupa pembekuan asset kepada Chelsea, ketika masih dipegang oleh Roman Abramovich. Pada saat itu, The Blues juga dilarang untuk memperpanjang kontrak & membeli pemain.

Kabar terbaru lain yang datang adalah, EA Sports telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan mencantumkan klub dan timnas Rusia dalam game FIFA 23.