Bola Internasional

Media Malaysia Melarang Timnas Indonesia Keluar dari AFF, Ini Alasannya

Sabtu, 23 Juli 2022 13:24 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com Copyright: © Nofik Lukman Hakim/Indosport.com
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Indonesia tengah menjadi buah bibir lantaran ancaman Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bakal keluar dari AFF. Namun, Malaysia menentang tindakan tersebut.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, marah dan terang-terangan menuturkan bakal cabut dari AFF lantaran protesnya mengenai laga ‘main mata’ ke AFF belum ditanggapi.

"Saya berharap AFF akan cepat menanggapi keluhan kami. Pertandingan antara Vietnam U19 dan Thailand U19 jelas tidak pantas. Kami masih menunggu tanggapan. tanggapan dari AFF,” tutur Mochamad Irianto kepada pers, sepertti dilansir dari Dantri.

Saat ini PSSI tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF). Bahkan, penggemar bola asal Indonesia juga begitu antusias dengan prospek negara Indonesia jika nantinya bermain di EAFF.

Akun Instagram EAFF baru-baru ini bahkan membuka pintu kepada Indonesia jika Merah Putih itu mau bergabung.

Tawaran ini langsung mendapatkan dukungan dari penggemar bola di Indonesia. Jika bergabung dengan EAFF, perkembangan sepak bola Indonesia dirasa akan meningkat.

EAFF meliputi berbagai tim kuat, sebut saja Jepang, Korea Selatan, China, dan Korea Utara. Negara-negara tersebut adalah tim yang pernah berpatisipasi dalam perhelatan akbar Piala Dunia.

Selain itu, ada enam tim lain di EAFF, antara lain Guam, Makau, Hong Kong, Taiwan, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Jika ‘fix’ bergabung dengan EAFF, Indonesia bakal bertemu dengan saingan yang lebih berkualitas lagi. Hal itu bisa membantu perkembangan sepak bola Indonesia.

Di sisi lain, media Malaysia justru menentang keinginan Indonesia untuk cabut dari AFF dan bergabung dengan AFF. Mengapa demikian?