Liga Indonesia

Mardani Maming, Sponsor Barito Putera dan Batulicin Putra yang Kini Ditahan KPK

Jumat, 29 Juli 2022 09:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PT LIB
Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022. Copyright: © PT LIB
Skuat Barito Putera dalam pertandingan Liga 1 2021-2022.

INDOSPORT.COM - Mardani Maming, politisi dan pengusaha asal Kalimantan, sempat menjadi sponsor klub Liga 1, Barito Putera, sebelum ditahan oleh KPK.

Mardani Maming, tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin usaha pertambangan (IUP) ini menyerahkan diri usai ditetapkan sebagai buron KPK pada Selasa (26/07/22).

Sedikit mengulas sosok Mardani H. Maming, seorang pengusaha yang sedang menjabat Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022.

Sebagai politisi jebolan PDIP, Mardani juga pernah menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, selama dua periode, tahun 2010-2015 dan 2016-2018.

Selain itu, Mardani Maming merupakan komisaris sekaligus pendiri PT Batulicin Enam Sembilan, perusahaan besar yang bergerak di sektor tambang batu bara.

Mardani juga menjadi CEO dari PT Maming 69, perusahaan holding yang membawahi 35 entitas anak mulai dari perusahaan yang bergerak di bisnis pertambangan mineral, penyewaaan alat berat hingga properti.

Bicara soal PT Maming 69, perusahaan ini pernah menjalin kerja sama dengan salah satu klub sepak bola Liga 1, Barito Putera.

PT Maming 69 pernah menjadi sponsor Barito Putera di Liga 1 2021 lalu. Pasalnya, sebagai perusahaan asal Kalimantan, ada misi yang sama untuk membangun sepak bola.

Penandatanganan sponsorship dilakukan langsung oleh CEO Barito Putera, yakni Hasnuryadi Sulaiman, dan Direktur PT Maming 69, Rois Sunandar Maming.

"Saya harap sinergi dari kerja sama ini akan membuat Barito Putera semakin tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik dan profesional," kata Hasnuryadi kala itu.