Bola Internasional

Canggih! Teknologi Offside Semi-Otomatis Akan Digunakan pada Piala Dunia 2022 Qatar

Sabtu, 30 Juli 2022 10:32 WIB
Editor: Isman Fadil
© FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar Copyright: © FIFA/FIFA via Getty Images
Trofi Piala Dunia 2022 di Qatar

INDOSPORT.COM - FIFA secara resmi mengumumkan bahwa teknologi offside semi-otomatis akan digunakan pada pagelaran Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar nanti.

Dilansir dari Sky Sports, Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa teknologi  canggih ini telah diteliti selama tiga tahun dan diuji melalui pengujian khusus.

“Teknologi offside semi-otomatis adalah evolusi dari system VAR yang telah diterapkan di seluruh dunia,” ucap Gianni Infantino.

“Teknologi ini adalah puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim, pemain, dan penggemar yang akan menuju ke Qatar akhir tahun ini.”  sambungnya.

Sebelumnya, teknologi ini telah berhasil diuji pada pagelaran FIFA Arab Cup 2021 dan Piala Dunia antar klub tahun lalu.

Teknologi ini akan memperlihatkan video ofisial dari pertandingan yang menerima peringatan offside, dengan keputusannya akan divalidasi oleh secara manual sebelum dikomunikasikan kepada wasit utama di lapangan.

Tampilan yang disuguhkan kepada penonton di rumah juga akan disajikan melalui teknologi 3D yang ditampilkan ke layar.

Nantinya, para penonton yang menyaksikan dari layar kaca dapat mengetahui bagaimana keputusan offside tersebut diambil oleh wasit.  

Teknologi offside semi-otomatis diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan akurasi keputusan yang diambil oleh pengadil di lapangan.

“FIFA berkomitmen memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan permainan sepak bola di segala level, dan penggunaan teknologi offside semi-otomatis di Piala Dunia FIFA 2022 adalah bukti yang paling jelas.” ucap Presiden FIFA, Gianni Infantino.