Bola Internasional

Ranking Jeblok, Timnas Indonesia U-23 Tak Bisa Berpartisipasi di Islamic Solidarity Games

Minggu, 31 Juli 2022 15:25 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan bisa berpartisipasi dalam Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 (2022) yang akan dilangsungkan di Konya, Turki. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan bisa berpartisipasi dalam Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 (2022) yang akan dilangsungkan di Konya, Turki.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 dipastikan tidak akan bisa berpartisipasi dalam ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2021 (2022) yang akan dilangsungkan di Konya, Turki.

Ajang olahraga yang turut melibatkan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ini akan berlangsung pada 8-16 Agustus mendatang. Namun, Timnas Indonesia dipastikan tidak bisa ikut.

Gagalnya Timnas Indonesia berpartisipasi bukanlah tanpa alasan. Skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut tak bisa tampil lantaran ranking FIFA mereka yang tak memenuhi syarat.

Berdasarkan publikasi resmi ISG, cabang olahraga sepak bola hanya akan diikuti delapan negara saja. Untuk penentuan delapan negara tersebut berdasarkan peringkat terbaik saat ini dan telah dijatah per konfederasi.

Dari Asia atau AFC hanya diberi kuota satu tim saja, disusul CONCACAF, CONMEBOL, OFC, dan UEFA dengan satu tim, kemudian CAF dua tim lalu tuan tuan rumah Turki.

Islamic Solidarity Games (ISG) pun akhirnya telah menetapkan Iran sebagai salah satu perwakilan AFC karena peringkat mereka yang berada di posisi 23 dunia.

Kendat tidak bisa berpartisipasi, Sekretaris Jenderal Indonesia National Olympics Committee (NOC), Ferry Kono, mengatakan bahwa hal ini telah disosialisasikan ke PSSI.

"Dalam ISG untuk sepak bola hanya ranking dunia tertentu saja yang diundang. tim sepak bola Indonesia belum diundang," kata Ferry Kono.