Bola Internasional

'Guru' Iker Casillas Tutup Usia, Real Madrid dan AC Milan Turut Berduka

Kamis, 4 Agustus 2022 12:48 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Mantan pelatih kiper yang juga pernah menangani Iker Casillas, Villiam Vecchi, meninggal dunia. Foto: Getty Images. Copyright: © Getty Images
Mantan pelatih kiper yang juga pernah menangani Iker Casillas, Villiam Vecchi, meninggal dunia. Foto: Getty Images.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih kiper klub Liga Spanyol (LaLiga) Real Madrid dan juga raksasa Liga Italia, AC Milan, Villiam Vecchi, meninggal dunia pada hari Rabu (03/08/22) di usia 73 tahun.

Tim putih telah menyampaikan belasungkawa kepada kerabat Vecchi atas nama rekan satu tim dan keluarga besar klub.

Vecchi lahir di Scandiano, Italia, pada 28 Desember 1948. Ia adalah pelatih kiper Real Madrid dalam tugas pertama Carlo Ancelotti sebagai pelatih Los Blancos.

Selama berada di tim Spanyol, ia telah berkontribusi dalam memenangkan satu Piala Eropa, satu Piala Dunia Antarklub, satu Piala Super Eropa, dan satu Copa del Rey.

Mantan kiper AC Milan tersebut meninggalkan Real Madrid setelah Ancelotti diberhentikan pada tahun 2015.

Bermain untuk Rossoneri adalah kenangan besar bagi Vecchi. Ia dijuluki sebagai “Pahlawan Thessaloniki” sejak final Piala Winner pada tahun 1973. Berkat kontribusinya, tim Italia itu berhasil meraih gelar.

Dalam tujuh tahun bermain untuk AC Milan, Villiam Vecchi telah memainkan total 72 pertandingan dan memenangkan satu Piala Liga Italia, dua Piala Winners Eropa, dan satu Piala Winners Interkontinental.

Setelah pensiun, mantan kiper Como itu pun beralih profesi sebagai pelatih kiper.

Ia telah menangani beberapa kiper terhebat pada masanya, seperti Gianluigi Buffon dan Iker Casillas, serta menemani Ancelotti di sebagian besar kariernya di bangku cadangan.

Tepatnya dengan Casillas di panggung Real Madrid 2013-2015, Vecchi sempat menjalani masa kontroversi media yang intens, karena taruhannya ketika tiba di klub untuk Diego López.