Liga Indonesia

Liga 1: Ada Wawan Hendrawan, Rahasia Dapur Bali United Dikantongi Rans FC

Kamis, 4 Agustus 2022 12:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© baliutd.com
Kiper Wawan Hendrawan saat masih berseragam Bali United. Copyright: © baliutd.com
Kiper Wawan Hendrawan saat masih berseragam Bali United.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menyadari bahwa pihaknya akan dibedah habis Rans Nusantara FC dengan keberadaan Wawan Hendrawan. Kiper asal Brebes sangat mengetahui rahasia dapur Serdadu Tridatu.

Rans Nusantara FC menjadi lawan ketiga Bali United Liga 1 Indonesia 2022-2023. Pertemuan dua tim yang musim lalu berbeda kasta ini akan terjadi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (4/8/22).

Laga ini menyajikan drama menarik. Meski tak diunggulkan untuk meraih kemenangan, Rans Nusantara FC memiliki sosok kunci bernama Wawan Hendrawan.

Lima tahun berseragam Bali United serta mengantarkan tim back to back Liga 1, jelas membuat pengetahuan Wawan akan skuat besutan Teco sangat bagus.

Bali United menyadari bahwa karakter setiap pemain, termasuk taktik yang biasa dipakai tim, berpotensi dibedah habis oleh Wawan, untuk kemudian disampaikan ke pelatih Rahmad Darmawan.

"Rahmad Darmawan merupakan pelatih yang pintar. Dia sudah lama di sepak bola Indonesia. Dia juga sukses di Malaysia. Pasti dia akan tanya Wawan soal karakter tim pemain kita," kata Stefano Cugurra, Rabu (3/8/22).

"Wawan Hendrawan pasti tahu karena dia lama berlatih sama tim, bermain sama tim. Inilah keuntungan buat Rans FC ketika ada dia," lanjut Teco, sapaan akrabnya.

Untuk itu, penting bagi Bali United untuk bermain disiplin. Jangan sampai kesalahan yang dilakukan ketika melawan PSM Makassar terulang lagi.

Ketika strategi sudah dibedah lawan, namun tim bisa menjalankan kerja sama dengan bagus, kemenangan berpotensi didapatkan. Apalagi, mereka bermain di Gianyar yang notabene angker untuk tim lawan.

"Harus lebih konsentrasi. Ketika tidak membuat kesalahan di belakang, pasti kita tidak kebobolan, tapi waktu kita salah di belakang, lawan punya kualitas, bisa cetak gol," tutur Teco.

Pelatih asal Brasil ini juga menyoroti pentingnya komunikasi antarlini di atas lapangan. Kembalinya suporter yang membuat stadion bergemuruh menjadi tantangan dalam menjaga komunikasi.

"Komunikasi antarlini antara kiper dengan empat pemain di belakang, juga dengan gelandang dan striker, itu sangat penting. Sekarang liga ada suporter. Biasa stadion lumayan penuh, komunikasi harus berjalan bagus," papar Teco.