Liga Spanyol

Barcelona Bisa Depak Martin Braithwaite Tanpa Terkena Sanksi FIFA

Jumat, 5 Agustus 2022 00:09 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
© Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Martin Braithwaite. Copyright: © Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images
Martin Braithwaite.

INDOSPORT.COM – Sejauh ini, salah satu masalah yang tampaknya mengakar di raksasa Liga Spanyol (LaLiga) Barcelona adalah soal striker mereka, Martín Braithwaite.

Pemain Denmark ini telah berusia 31 tahun. Dan karena usianya sudah lebih dari 28 tahun, ia hanya dilindungi selama dua tahun pertama kontraknya.

Hal ini terpenuhi pada tanggal 20 Februari tahun ini. Barcelona harus memberikan kompensasi kepada sang pemain untuk dua tahun yang tersisa, dan hal itu tidak akan mempengaruhi mereka pada jendela transfer berikutnya.

Striker tersebut masih memiliki kontrak dua tahun lagi hingga Juni 2024.

Jika tidak menemukan kesepakatan ke klub lain, dan mengingat bahwa tampaknya Braithwaite hanya bergantung pada dua tahun yang tersisa di Barca tanpa menerima surat kebebasan; Barcelona dapat mengakhiri kontraknya.

Sekiranya terjadi, opsi tersebut menjadi sebuah keputusan yang jika diadopsi tidak akan mengira ada sanksi apa pun untuk klub Xavi.

Pertimbangannya, Blaugrana hanya harus memberikan kompensasi kepada sang striker untuk dua tahun yang tersisa dari kontraknya.

Kompensasi itu, sebagaimana ditetapkan oleh peraturan FIFA, harus dihitung dengan mempertimbangkan undang-undang nasional, karakteristik olahraga, dan kriteria objektif lainnya.

Kriteria ini harus mencakup khususnya remunerasi dan manfaat lain yang terhutang kepada pemain di bawah kontrak saat ini atau kontrak baru serta waktu kontrak yang tersisa hingga maksimum lima tahun.

Selanjutnya, ada biaya dan pengeluaran klub sebelumnya (diamortisasi selama durasi kontrak), serta pertanyaan apakah pemutusan kontrak terjadi dalam periode yang dilindungi.