Liga Indonesia

Liga 1: Masih Mandul, Pelatih Persik Percaya Striker Brasil Segera Tokcer

Selasa, 9 Agustus 2022 11:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Persik Joanderson dikawal ketat pemain Bhayangkara FC Anderson Salles di laga BRI Liga 1, Minggu (31/07/22). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pemain Persik Joanderson dikawal ketat pemain Bhayangkara FC Anderson Salles di laga BRI Liga 1, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Javier Roca menaruh kepercayaan secara penuh terhadap Joanderson de Jesus Assis. Striker berkebangsaan Brasil itu akan menjadi andalan utama tim untuk urusan gol di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Kepercayaan Roca sudah dibuktikan dengan tidak menggantinya menjelang bursa transfer putaran pertama Liga 1 ditutup pada Rabu (3/8/22). 

Masalahnya, Joanderson masih jauh dari ekspektasi untuk memberi garansi gol bagi Persik. Striker berusia 26 tahun itu belum pernah sekali pun masuk papan skor dari tiga kali partisipasinya di Liga 1.

Persik Kediri mengawali Liga 1 dengan dua kali kekalahan, masing-masing 0-2 di markas Persita Tangerang (25 Juli) dan 0-1 saat dijamu Madura United (6 Agustus).

Sementara di kandang, Persik Kediri bermain seri 1-1 kontra Bhayangkara FC (31 Juli). Satu-satunya gol dilesakkan Renan da Silva melalui titik putih. 

Tak pelak, Joanderson disinyalir masih terkendala adaptasi mengingat inilah pengalaman pertamanya berkarier di sepak bola Indonesia.

Namun, Javier Roca selaku pelatih Persik yang menjalani program latihan sehari-hari bersama pemain, tidak sependapat dengan asumsi itu.

Pasalnya, jebolan FC Sao Paulo B dan Cruzeiro U-20 itu pernah mengenyam pengalaman di sepak bola Asia. Joanderson pernah berlaga di Liga Jepang membela klub Gainare Tottori.

"Selama ini, komunikasi dia dengan saya maupun pemain lain sudah lancar. Baik secara bahasa dan hal lain lancar-lancar saja, Secara keseluruhan, adaptasinya sudah cukup bagus," tutur Javier roca.