Liga Indonesia

Tidak Menjalankan Tugas dengan Baik, PSSI Coret Sementara 12 Wasit Liga 1

Jumat, 12 Agustus 2022 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung melakukan protes kepada wasit saat pertandingan Liga 1 menghadapi Madura United. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib Bandung melakukan protes kepada wasit saat pertandingan Liga 1 menghadapi Madura United.

INDOSPORT.COM - PSSI akhirnya mengistirahatkan sebanyak 12 wasit Liga 1 Indonesia, antara lain lima wasit utama, tiga asisten wasit, dan empat asisten wasit tambahan yang berada di sisi kiri gawang. 

Mereka diistirahatkan selama 2-3 bulan, karena dianggapa memiliki kinerja yang kurang bagus dari para pengadil lapangan. 

Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh mengatakan, keputusan tersebut diambil sebagai bentuk hukuman. Para wasit juga diminta untuk introspeksi diri agar bisa lebih kompeten saat kembali memimpin pertandingan kompetisi Liga 1.

“PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin,” kata Ketua Komite Wasit Ahmad Riyadh.

Riyadh berharap ke depan semua wasit yang bertugas bisa menjalankan tugas dengan baik sekaligus meminimalisasi kesalahan di lapangan.

Sebelumnya, kepemimpinan wasit di tiga pekan awal Liga 1 musim 2022/2023 lumayan menjadi sorotan khalayak banyak. 

Hal itu menyusul beberapa keputusan krusial yang luput dari pengamatan korps baju hitam dan dinilai merugikan klub. 

Eks pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts pernah menyoroti kinerja wasit pada pertandingan pekan kedua kompetisi Liga 1 kontra Madura United. 

Beberapa kali sang pengadil dinilai mengambil keputusan yang kurang tepat dan merugikan tim tertentu saat pertandingan.