Bola Internasional

Pattynama Tersingkir, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Lain Tembus UEFA Conference League

Jumat, 26 Agustus 2022 18:12 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Soccrates/Getty Images
Walau Shayne Pattynama gagal, masih ada pemain keturunan Indonesia lain yang lolos putaran final Europa Conference League yakni Tijjani Reijnders. Copyright: © Soccrates/Getty Images
Walau Shayne Pattynama gagal, masih ada pemain keturunan Indonesia lain yang lolos putaran final Europa Conference League yakni Tijjani Reijnders.

INDOSPORT.COM - Shayne Pattynama memang gagal untuk membantu klubnya, Viking FK, ke putaran final UEFA Conference League 2022-2023 dan mengharumkan nama Indonesia.

Akan tetapi masih ada pemain keturunan lainnya yang berhasil lolos yakni penggawa AZ Alkmaar, Tijjani Reijnders.

Sebelumnya publik sepak bola tanah air sangat menantikan tampilnya Pattynama di salah satu kompetisi antar klub Eropa tersebut.

Bagaimana tidak? sejauh ini memang masih sangat sedikit pemain asal atau yang sekedar masih berdarah Indonesia bisa mentas di panggung ternama Benua Biru.

Terlebih Shayne Pattynama sudah berkomitmen untuk memiliki paspor Indonesia dan membela timnas Indonesia pula. Dukungan padanya pun makin besar.

Sayangnya Pattynama justru tidak bisa mengantarkan Viking lolos dari babak kualifikasi akhir alias play-off karena kalah agregat 3-4 di tangan FCSB.

Kekalahan tersebut semakin terasa perih karena Viking FK yang berasal dari Norwegia itu sudah berhasil ungguk 2-1 di leg pertama.

Namun setidaknya publik sepak bola tanah air tidak akan kehabisan pemain untuk didukung di Europa Conference League dengan adanya Reijnders.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tijjani Reijnders (@tijjanir)

Gelandang blasteran Belanda-Indonesia itu memainkan peran penting dalam kelolosan AZ ke putaran final dengan menjadi starter di seluruh enam partai kualifikasi mereka.

Tijjani Reijnders juga turut menyumbang 3 gol plus 1 assist. AZ Alkmaar pun jadi salah satu tim dengan rekor kualifikasi terbaik musim ini di Europa Conference League.