Liga Indonesia

Kalah Telak dari PSM Makassar, Asisten Pelatih Persib Tak Menyangka Kebobolan 5 Gol

Selasa, 30 Agustus 2022 10:36 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman.

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persib Bandung, Budiman, mengaku tidak menyangka timnya jadi bulan-bulanan PSM Makassar di pekan ketujuh Liga 1 2022-2023.

Sebagai informasi, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion B.J. Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/08/22) malam WIB, Persib Bandung harus mengakui keunggulan PSM Makassar dengan skor telak 5-1.

Lima gol PSM Makassar pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Yakob Sayuri (2', 50'), M Ramadhan Sananta (44', 18'), Willem Jan Pluim (64'). Sedangkan gol tunggal Persib dalam laga tersebut, dicetak oleh Marc Klok saat memasuki menit 31.

"Pertandingan ini saya tidak menyangka akan kebobolan lima gol," kata Budiman saat konferensi pers setelah pertandingan.

Budiman menuturkan, gol cepat dari PSM Makassar di pertandingan tersebut, membuat mental anak asuhnya down. Pasalnya, gol Yakob Sayuri tercipta saat laga baru berjalan sekitar tiga menit. 

Mantan pelatih Persib U-19 ini menuturkan, setelah tertinggal satu gol skuat Maung Bandung mencoba untuk bangkit dan menyamakan kedudukan. Akan tetapi, tim kebanggaan Bobotoh ini sulit untuk mengembangkan permainannya.

"Tapi intinya dengan gol cepat yang didapat PSM membuat down kami. Jadi setelah gol menit ketiga, anak-anak sulit untuk mengembangkan permainan," ucapnya.

Selain itu, PSM berhasil memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 pada menit 18 melalui M Ramadhan Sananta, gol tersebut menurutnya semakin meruntuhkan mental bertanding pasukannya.

Asisten Luis Milla di Persib Bandung ini menyadari, hasil buruk pada pertandingan tersebut merupakan tanggung jawabnya. Bukan tanpa alasan, dalam duel kontra PSM Makassar, Luis Milla menderita sakit dan dia masih memimpin Maung Bandung.

"Dan ada gol kedua, anak-anak makin down. Ini diluar perkiraan saya. Ini evaluasi buat saya," tegasnya.