In-depth

Termasuk Mees Hilgers, 3 Bintang Keturunan Indonesia yang Kini Dipanggil Timnas Belanda

Minggu, 4 September 2022 21:14 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Tiga pemain keturunan Indonesia yang kini dapat panggilan Timnas Belanda, salah satunya adalah Mes Hilgers yang sempat diundang PSSI untuk dinaturalisasi. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Tiga pemain keturunan Indonesia yang kini dapat panggilan Timnas Belanda, salah satunya adalah Mes Hilgers yang sempat diundang PSSI untuk dinaturalisasi.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain keturunan Indonesia yang kini berhasil mendapat panggilan Timnas Belanda, salah satunya adalah Mees Hilgers yang sempat diundang PSSI untuk dinaturalisasi.

Dalam setahun terakhir, federasi sepak bola Tanah Air, PSSI, memang terlihat aktif mencari para pemain keturunan di luar negeri untuk bisa dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia.

Hasilnya pun terbilang lumayan, di mana skuat Merah Putih saat ini sudah berisikan beberapa pemain campuran dan berhasil membantu Timnas Indonesia tampil impresif di ajang FIFA.

Salah satu mama yang paling mentereng adalah Elkan Baggott. Bek berusia 19 tahun tersebut merupakan pemain keturunan Indonesia yang kini berkompetisi di Liga Inggris bersama Gillingham.

Meski belum genap 20 tahun, namun potensi serta ketenangan Elkan Baggott dalam menjaga pertahanan membuatnya selalu jadi pilihan utama Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong.

Tercatat, sudah ada 10 pertandingan yang dimainkan Elkan Baggott untuk Timnas Indonesia dengan torehan dua gol di semua kompetisi.

Selain Elkan Baggott, nantinya Timnas Indonesia berpotensi diperkuat tiga pemain keturunan lain yakni Sandy Walsh, Jordi Amat serta Shayne Pattynama.

Ketiga pemain diatas sedang dalam proses naturalisasi, dan jika bisa segera rampung maka para pemain tersebut akan memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala Asia 2023 mendatang.

Sebelum gerbong naturalisasi Sandy Walsh cs, PSSI sempat juga memanggil beberapa pemain keturunan lain untuk dibujuk agar mau memperkuat Timnas Indonesia.

Sayangnya, beberapa diantara mereka menolak dan lebih memilih untuk bersaing di skuat Timnas Belanda.

Menariknya, ada beberapa pemain yang sempat menolak ajakan PSSI tersebut untuk dinaturalisasi tersebut kini malah tampil bersinar di Eropa dan membuat nama mereka masuk dalam skuat Belanda.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas: