Liga Indonesia

Temui Jokowi, PSSI Ajukan 7 Pemain Naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023

Kamis, 8 September 2022 19:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Biro Press Presiden
Menghadap Jokowi, PSSI dijanjikan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Baru Copyright: © Biro Press Presiden
Menghadap Jokowi, PSSI dijanjikan training center Timnas Indonesia di Ibu Kota Baru

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, telah mengajukan permohonan permohonan tujuh naturalisasi pemain kepada Presiden RI, Joko Widodo, untuk kepentingan timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, Kamis (8/9/22).

Ketum PSSI baru saja mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo dan Menpora Zainudin Amali di Istana Negara, Jakarta, pagi tadi.

Dalam Ratas tersebut, Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang selama ini begitu perhatian kepada PSSI dan timnas Indonesia.

Terkait Piala Dunia U-20 2023, pelatih Shin Tae-yong telah mengajukan nama-nama yang ingin dinaturalisasi. Totalnya sekitar tujuh pemain asal Belanda berdarah Indonesia.

"Yang dua sudah pasti mau karena sudah berkomunikasi, sedangkan lima pemain lagi akan dikomunikasikan selanjutnya," kata Mochamad Iriawan.

Bahkan, Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengatakan pihak PSSI sudah membentuk tim. Mereka akan segera dikirim ke Belanda untuk mengurus proses naturalisasi ini.

"PSSI sudah membentuk tim untuk segera berangkat ke Belanda guna bertemu dengan keluarga para pemain," imbuh Mochamad Iriawan.

Iriawan menambahkan timnas Indonesia ditargetkan minimal bersaing di fase grup Piala Dunia U-20 2023. Namun, jika ada penambahkan pemain naturalisasi, Shin Tae-yong menjanjikan bisa berbuat lebih banyak.

"Jadi naturalisasi ini adalah keinginan pelatih. Sesuai kebutuhan tim. Shin Tae-yong sudah tahu mana pemain yang dibutuhkan dan posisinya di mana," tutup Mochamad Iriawan.