Bola Internasional

PSSI: JIS Belum Layak Gelar Laga FIFA, Timnas Indonesia vs Curacao di Pakansari atau Stadion Patriot

Jumat, 9 September 2022 10:59 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) berukuran 105 x 68 meter dengan permukaan lapangan menggunakan rumput hibrida. Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) berukuran 105 x 68 meter dengan permukaan lapangan menggunakan rumput hibrida.

INDOSPORT.COM - Laga kedua uji coba internasional Timnas Indonesia vs Curacao tidak bisa dimainkan di Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 September 2022 karena stadion tersebut dinilai belum layak gelar pertandingan besar. 

PSSI telah melakukan uji kelayakan dan JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA matchday.

Akan tetapi, untuk laga pertama Indonesia vs Curacao pada 24 September dipastikan tetap dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

Berdasarkan hasil inspeksi tim Infrastructure Safety and Security PSSI, JIS belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur.Hal itu terkait area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter menumpuk di barat utara. 

Bahkan concourse (jalur atau titik pertemuan) timur belum dapat digunakan dan perimeter tribune perlu pengkajian ulang karena pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh.

Lalu sarana prasarana pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar. 

‘’Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA match day yang mengundang animo penonton sangat banyak, maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25-50-75-100 persen dari perhitungan maximum safety capacity,’’ kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam keterangan ke media. 

Yunus menjelaskan, untuk ukuran JIS yang begitu megah (dengan daya tampung 80 ribu kursi) dan hanya bisa menampung parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat, itu sangat riskan. Padahal, jika timnas main, animo masyarakat ke stadion sangat tinggi. 

Selain itu, masuk stadion hanya satu pintu sehingga dikhawatirkan jika keluar secara bersamaan akan memakan waktu yang lama.