Liga Spanyol

9 Permintaan Lionel Messi ke Barcelona Bocor, dari Jet Pribadi hingga Suarez

Rabu, 21 September 2022 19:25 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© AFP
Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique rayakan gol kemenangan Copyright: © AFP
Lionel Messi, Luis Suarez dan Gerard Pique rayakan gol kemenangan

INDOSPORT.COM - Daftar permintaan Lionel Messi ke Barcelona supaya ia mengurungkan niat untuk hengkang pada 2020 lalu bocor.

Ia nyaris pergi di 2020 setelah kedua belah pihak gagal menemui kata sepakat. Messi pun tak menandatangani perpanjangan kontrak dan akhirnya hengkang dari Barcelona setahun kemudian.

Pesepak bola 35 tahun itu akhirnya merapat ke Paris Saint-Germain (PSG) dan meneken kontrak selama dua tahun.

Dalam proses negosiasi dengan Barcelona, Messi rupanya membuat daftar permintaan, di antaranya adalah pesawat jet pribadi dan permintaan spesial untuk sahabatnya, Luis Suarez.

Detail dari permintaan Messi tersebut dibocorkan oleh media Spanyol, El Mundo, yang mendapatkan sejumlah email antara ayah sekaligus agen Messi yakni Jorge Mendes, sang pengacara, dan mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan mantan CEO Oscar Grau.

Seluruh permintaan Messi dikabulkan oleh klub, kecuali dua hal. Salah satunya, klub menolak untuk menghapus klausa pelepasan Messi yang senilai 613 juta poundsterling.

Sebagai gantinya, sang pemain ingin mendapatkan pembebasan simbolis sekitar 8.750 poundsterling jika dia ingin meninggalkan klub kapan saja – sebuah kenyataan yang terjadi beberapa bulan kemudian.

Berikut sembilan permintaan spesial Lionel Messi kepada Barcelona.

Perpanjangan Kontrak 3 Tahun

Sebagian besar klub cenderung menawarkan pemain di atas 30 tahun perpanjangan satu tahun karena penurunannya bisa sangat besar. Lionel Messi saat itu berusia 33 tahun dan ingin berkomitmen jangka panjang.