Liga Italia

San Siro Dirobohkan, Inter dan AC Milan Baru Bisa Pakai Stadion Baru 8 Tahun Lagi

Rabu, 21 September 2022 11:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© AMA/Corbis via Getty Images
Sepakat merobohkan Stadion San Siro, dua klub Liga Italia AC Milan dan Inter Milan ternyata baru bisa menggunakan stadion baru setelah delapan tahun mendatang. Kok bisa? Copyright: © AMA/Corbis via Getty Images
Sepakat merobohkan Stadion San Siro, dua klub Liga Italia AC Milan dan Inter Milan ternyata baru bisa menggunakan stadion baru setelah delapan tahun mendatang. Kok bisa?

INDOSPORT.COM – Sepakat merobohkan Stadion San Siro, dua klub Liga Italia AC Milan dan Inter Milan ternyata baru bisa menggunakan stadion baru setelah delapan tahun mendatang. Kok bisa?

AC Milan dan Inter Milan, yang bersaing ketat dalam gelar Scudetto, disibukkan dengan proyek stadion San Siro baru. Namun proyek ini sempat tertunda dalam beberapa tahun terakhir.

Hingga akhirnya dua raksasa kota Milan tersebut kompak mengucapkan selamat tinggal kepada San Siro. Mereka sepakat merobohkan stadion yang telah dipakai bersama-sama sejak 1947 ini.

New San Siro akan dibangun di lokasi yang bersebelahan dengan stadion lama. Stadion baru yang mengusung konsep ramah lingkungan awalnya diharapkan rampung 2026 mendatang.

Namun demikian, pembangunan Stadion San Siro baru ini tidak akan berlangsung cepat mengingat banyaknya kendala birokrasi yang harus dilalui, melansir dari Sempre Milan.

Belum lagi proses pembersihan bekas pembongkaran stadion yang juga bernama Giuseppe Meazza itu, membuat kedua klub enggan terburu-buru menggarap pembangunan.

Oleh karenanya, AC Milan dan Inter baru akan memulai proyek senilai 700 juta euro tersebut pada awal tahun 2024 dengan total durasi enam tahun.

Sehingga peresmian stadion San Siro baru akan berlangsung pada 2030 mendatang. Itu artinya, Inter dan AC Milan baru bisa menggunakan stadion rumah mereka delapan tahun kemudian.

Masih dari Sempre Milan, Inter dan AC Milan juga sudah mendapatkan lampu hijau dari dewan kota Milan terkait draft proyek pembangunan San Siro baru.

Dewan kemudian mengirimkan proposal proyek tersebut ke Komisi Nasional untuk debat publik di Milani yang baru akan dimulai pekan depan.