Bola Internasional

Bungkam Mulut Pengkritik, Roberto Mancini Bongkar Kunci Sukses Italia Kalahkan Inggris

Sabtu, 24 September 2022 15:25 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Pelatih Italia, Roberto Mancini bongkar kunci kemenangan yang diraih oleh Gli Azzurri atas Inggris dalam Grup A1 UEFA Nations League 202/23. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Pelatih Italia, Roberto Mancini bongkar kunci kemenangan yang diraih oleh Gli Azzurri atas Inggris dalam Grup A1 UEFA Nations League 202/23. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane

INDOSPORT.COM – Pelatih Italia, Roberto Mancini, bongkar kunci kemenangan yang diraih oleh Gli Azzurri atas Inggris dalam Grup A1 UEFA Nations League 202/23.

Pasalnya dalam laga lanjutan UEFA Nations League antara Italia vs Inggris di Stadion Giuseppe Meazza pada Sabtu (24/09/22) dini hari WIB, Gli Azzurri menang dengan skor tipis 1-0.

Hal tersebut tidak terlepas dari peran sang pelatih Italia, Roberto Mancini karena berhasil menggunakan skema yang tepat kala menghadapi The Three Lions.

Dalam pertandingan tersebut, Roberto Mancini menerapkan formasi 3-5-2, dan mengesampingkan skema 4-3-3 yang pernah digunakan sebelumnya.

Alasan awal allenatore asal Italia menggunakan formasi tersebut adalah karena cederanya Ciro Immobile, yang selalu menjadi bomber andalannya, serta tidak ada pemain sayap yang tepat.

Sehingga, pelatih berusia 57 tahun tersebut tersebut memasang due Giacomo Raspadori, dan Gianluca Scamacca di lini terdepan Gli Azzurri.

Melansir dari Football Italia, menurut Mancini salah satu kunci kemenangan yang diraih timnya adalah dengan formasi yang digunakan mampu memberi lebih banyak soliditas dalam bertahan.

“Ini adalah sistem yang memberi kami lebih banyak soliditas dalam pertahanan, tetapi terkadang bisa membuat kami terlalu banyak melakukan peregangan,” ungkapnya.

“Kami berusaha menjaga tim seketat mungkin. Kami tidak memiliki pemain yang tepat untuk sayap, jadi saya membuat keputusan untuk bermain (dengan) 3-5-2, walaupun Immobile sudah fit,” jelasnya.

Selain itu, dengan kemenangan tersebut, Italia membuka peluang untuk bisa melangkah ke fase selanjutnya. Sehingga Roberto Mancini memberikan tanggapannya atas hasil positif yang diraih.