Bola Internasional

Tak Pasang Target Muluk-muluk di Piala Dunia U-20, Menpora Pilih Realistis: Harus Sadar Diri

Sabtu, 24 September 2022 00:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ilham Oktafian
© Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan tidak ada target juara bagi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Copyright: © Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan tidak ada target juara bagi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menyatakan tidak ada target juara bagi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin Amali memilih realistis dan hanya menginginkan penampilan terbaik dari tim asuhan Shin Tae-yong.

Menpora menganggap jika ia tidak ingin membebani para pemain dengan ekspektasi tinggi yang mungkin mustahil terwujud.

Sebab, lawan yang dihadapi di ajang tahun depan berasal dari negara-negara yang sepak bolanya maju seperti Eropa, Amerika Latin maupun Asia. 

Meski punya keuntungan sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-20 tidak bisa hanya mengandalkan hal itu. Negara pesaing pasti punya kualitas pemain yang sudah teruji. 

"Kita harus juga sadar diri terkait target bisa juara. Karena kita akan menghadapi tim-tim dari Eropa, Amerika Latin dan Asia yang sudah matang dan maju," kata Menpora ke awak media. 

Untuk itu, Zainudin Amali hanya meminta pemain dan pelatih berusaha bawa Timnas Indonesia U-20 lolos dari babak penyisihan grup. Mereka harus bermain maksimal dan tunjukan kemampuan terbaik agar tidak jadi bulan-bulanan. 

"Saya sudah meminta kepada pemain untuk terus berjuang maksimal dan terbaik. Kalau bisa lolos dari babak penyisihan," ujar Menpora. 

"Mudah-mudahan anak-anak kita terus dipersiapkan dan dijaga kondisinya agar terus meningkat performanya. Dengan begitu mereka akan bisa tampil bagus di Piala Dunia nanti," tambahnya. 

Lebih lanjut, Menpora memastikan persiapan Indonesia untuk tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 (20 Mei-11 Juni) tidak ada masalah dan semuanya berjalan dengan baik.