Liga Indonesia

Kerusuhan di Stadion Patriot Candrabhaga Dibayar Mahal, PSIM Resmi Dijatuhi Sanksi PSSI

Senin, 26 September 2022 04:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ilham Oktafian
© PSIM Yogyakarta
Aksi kerusuhan antar suporter dalam laga lanjutan Liga 2 yang mempertemukan FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta harus dibayar mahal. Pasalnya, Laskar Mataram resmi dijatuhi sanksi oleh PSSI. Copyright: © PSIM Yogyakarta
Aksi kerusuhan antar suporter dalam laga lanjutan Liga 2 yang mempertemukan FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta harus dibayar mahal. Pasalnya, Laskar Mataram resmi dijatuhi sanksi oleh PSSI.

INDOSPORT.COM - Aksi kerusuhan antar suporter dalam laga lanjutan Liga 2 yang mempertemukan FC Bekasi City vs PSIM Yogyakarta harus dibayar mahal. Pasalnya, Laskar Mataram resmi dijatuhi sanksi oleh PSSI. 

Sebelumnya, insiden keributan antarsuporter terjadi dalam laga lanjutan Liga 2 di Bekasi, Senin (19/9/22) lalu. Meski jarak dari Yogyakarta cukup jauh, namun ada ratusan suporter PSIM yang datang ke Bekasi.

Keributan terjadi setelah tuan rumah FC Bekasi City mencetak gol kedua dalam laga ini. Kabarnya, oknum suporter PSIM terpancing dengan nyanyian yang berasal dari tribun suporter FC Bekasi City.

Para oknum suporter PSIM yang berada di tribun selatan langsung berlarian melewati tribun timur menuju tribun utara. Mereka dengan sengaja mendatangi suporter FC Bekasi City.

Kericuhan pun terjadi dengan adanya aksi saling lempar. Keributan itu berlanjut ke area luar Stadion Patriot Candrabhaga. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata banyak fasilitas stadion yang mengalami kerusakan.

Komite Disiplin (Komdis) PSSI pun menggelar sidang atas kejadian tersebut. PSIM dianggap telah melanggar Kode Disiplin PSSI tahun 2008 karena suporter PSIM melakukan perusakan fasilitas stadion.

Dalam surat nomor 039/L2/SK/KD-PSSl/IX/2022, dijelaskan bahwa perusakan itu meliputi single seat tribun timur dan mematahkan besi pagar. Kemudian, suporter PSIM melakukan pelemparan botol, besi dan patahan kursi ke arah suporter FC Bekasi City.

Dari ulah itu turut disebutkan bahwa ada korban dengan luka serius atas tindakan yang dilakukan suporter PSIM. Setelah semua bukti terkumpul, Komdis PSSI pun menjatuhkan sanksi untuk PSIM.

"Merujuk kepada Pasal 20 Huruf (a) jo Pasal 70 Kode Disiplin PSSI Tahun 2018, Klub PSIM Yogyakarta dan Panitia Pelaksana Pertandingan PSIM Yogyakarta dilarang menyelenggarakan pertandingan dengan penonton (sebagai tuan rumah) sebanyak satu kali pertandingan dan berlaku sejak pertandingan terdekat,"

"Pengulangan terhadap pelanggaran terkait di atas akan berakibat terhadap hukuman yang lebih berat," bunyi keputusan Komdis yang ditandatangani langsung oleh Ketua Komdis PSSI, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin Tpl Tobing