Liga Spanyol

Waduh! Diam-diam Barcelona Masih Utang Rp774 Miliar ke Manchester City, Kenapa?

Jumat, 30 September 2022 23:51 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© REUTERS/Albert Gea
Presiden Barcelona, Joan Laporta. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Presiden Barcelona, Joan Laporta.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, diam-diam masih memiliki utang sebesar 52 juta euro (Rp774 miliar) ke Manchester City.

Barcelona belum lama ini disebut telah ‘sembuh’ dari kondisi finansialnya. Hal ini diketahui dari laporan keuangan yang diterbikan klub asal Catalan tersebut.

Usai terseok-seok sepanjang musim lalu akibat kelalaian Presiden sebelumnya, Josep Maria Bartomeu, Blaugrana kini mulai memiliki finansial yang stabil.

Hal ini karena peran Joan Laporta selaku Presiden baru yang melakukan perombakan di manajemen dan strategi finansial Barcelona.

Bukti kejeniusan Joan Laporta bahkan terlihat di bursa transfer musim panas 2022 lalu. Meski tengah mengalami krisis finansial, El Barca bisa mendatangkan banyak pemain baru.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona mampu mendatangkan tujuh pemain baru dengan biaya sebesar 153 juta euro (Rp2,2 triliun) saja.

Bahkan hebatnya lagi, Joan Laporta membuat keuangan Barcelona menjadi stabil usai menjual hak siar Los Cules.

Maka kini nama Joan Laporta pun kian dipuja-puja dan dianggap sebagai juru selamat Barcelona yang hampir bangkrut.

Namun di balik pencapaian apik Joan Laporta itu, ternyata Barcelona masih menyimpan noda hitam terkait finansialnya.

Yakni utang yang masih dimiliki Barcelona. Tak disangka, Blaugrana masih memiliki utang sebesar 52 juta euro (Rp774 miliar) ke raksasa Liga Inggris, Manchester City.