Liga Indonesia

Prediksi Liga 1: Borneo FC vs Madura United, Adu Sikut Berebut Puncak Klasemen

Sabtu, 1 Oktober 2022 10:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Borneo FC vs Madura United (BRI Liga 1). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Prediksi pertandingan antara Borneo FC vs Madura United (BRI Liga 1).

INDOSPORT.COM - Borneo FC akan bersua Madura United dalam laga pekan ke-11 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (1/10/22). Duel ini menjadi penentuan klub mana yang berada di puncak klasemen sementara. 

Borneo FC yang akan bertindak sebagai tuan rumah lebih dijagokan karena belum terkalahkan dalam enam pertandingan di Segiri. Perinciannya, lima kali menang dan sekali seri.

Namun, Pesut Etam punya sedikit celah untuk laga besok. Pasalnya, tim asal Kalimantan Timur tersebut harus beradaptasi dengan pelatih baru, Andre Gaspar. 

Andre Gaspar baru datang dan memimpin latihan tim, terhitung tiga hari terakhir. Dia menjanjikan Borneo FC bakal bermain menyerang menghadapi Madura United.

"Saya mau menang di setiap pertandingan. Saya terus memotivasi pemain agar selalu bekerja keras," kata mantan juru taktik klub Korea Selatan, Daegu FC, tersebut.

Andre Gaspar tentu berada dalam sorotan karena pelatih Borneo FC sebelumnya, Milomir Seslija, mampu membawa tim tampil cemerlang sepanjang 10 pekan Liga 1 2022-2023. 

Bersama Milo, Pesut Etam berada di urutan kelima klasemen sementara dengan raihan 20 poin. Tim runner-up Piala Presiden 2022 itu hanya terpaut tiga poin dari Madura United di puncak klasemen sementara. 

Sementara itu, Madura United tentu tidak mau kehilangan takhta. Mereka juga mengincar tiga poin untuk mengamankan puncak klasemen sementara Liga 1 dari ancaman pesaing lain.

Pelatih Madura United, Fabio Lefundes, mengatakan akan memanfaatkan transisi kepelatihan di kubu Borneo FC. Dia menilai, dengan pencoretan itu akan terjadi perubahan besar-besaran.

"Kemungkinan besar ya (menguntungkan). Kalau ada pergantian pelatih, kemungkinan terjadi beberapa dinamika juga di dalam sana. Semuanya tergantung dari berapa banyak waktu pelatih baru bekerja sama dengan pemain," kata Fabio Lefundes.

Madura United punya modal bagus untuk menghadapi Borneo FC karena tak terkalahkan dalam empat laga terakhir di Liga 1 2022-2023. Rapor away Lulinha dkk juga cukup baik dengan meraih dua kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah. 

Pemenang laga antara Borneo FC vs Madura United otomatis akan memuncaki klasemen sementara Liga 1 2022-2023, setidaknya selama sehari lantaran situasi bisa berubah bila Persija Jakarta menang atas Persib Bandung, Minggu (2/10/22). 

Prakiraan Pemain:

Borneo FC (4-3-3): Angga Saputro; Leo Guntara, Wildansyah, Javlon Guseynov, Diego Michiels; Hendro Siswanto, J. Bustos, Kei Hirose; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri

Madura United (3-5-2): Miswar Saputra; Fachruddin Aryanto, Cleberson, Kadek Raditya; Novan Sasongko, Jaja, Zulfiandi, Lee Yoo-Joon, Reva Adi; Lulinha, Beto Goncalves