Liga Indonesia

Irfan Bachdim Cetak Hattrick, Persaingan Winger Persis Solo Makin Ketat

Senin, 3 Oktober 2022 14:39 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Salah satu aksi pemain Persis Solo, Irfan Bachdim. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Salah satu aksi pemain Persis Solo, Irfan Bachdim. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Persis Solo bakal semakin pusing menentukan starting eleven, khususnya posisi gelandang sayap (winger), usai Irfan Bachdim mencetak hattrick saat mengalahkan AC Majapahit 5-1.

Uji coba di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (30/09/22) sore, merupakan rutinitas yang dilakukan Persis Solo usai berlaga di Liga 1 2022/2023. Pada H+1, Persis Solo biasanya melakoni uji coba melawan tim lokal atau tim Liga 3.

Kebetulan, usai melawan PSM Makassar, AC Majapahit bisa bermain di Solo. Klub Liga 3 Jawa Timur itu menjadi lawan bagi para pemain yang tak tampil inti melawan PSM.

Dalam laga ini, Irfan Bachdim menggila. Tiga gol dicetak suami Jennifer Kurniawan tersebut, sementara dua gol lain dicetak Ferdinan Sinaga serta satu gol bunuh diri dari pemain AC Majapahit.

Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, mengatakan uji coba ini merupakan bagian penting penentuan starting eleven untuk laga selanjutnya. Rasiman ingin seluruh pemain terpantau setiap pekan.

"Esensi uji coba itu sebenarnya bukan skor, tapi lebih maintenance fitness level anak-anak. Kalau kita hanya kasih latihan, mereka tidak akan mendapatkan fitness level yang sama," kata Rasiman.

"Kita memberi kesempatan develop player yang kemarin belum main (penuh). Beberapa pemain main bagus, salah satunya Bachdim. Di friendly match ini kita bisa memantau perkembangan pemain week by week," lanjut Rasiman.

Performa menawan yang ditunjukkan Irfan Bachdim membuat persaingan sektor sayap semakin ketat. Irfan Jauhari sudah menyusul Ryo Matsumura untuk mencetak gol di Liga 1 2022/2023.

Gol itu tak akan menjamin Irfan maupun Ryo bermain melawan Rans Nusantara FC. Bisa jadi Irfan yang akan dimainkan karena tampil apik dalam uji coba.

Makanya, Rasiman menyebut uji coba H+1 ini menjadi agenda rutin tim agar para pemain yang jarang jadi tim inti tak sekadar berlatih saja.

"Kalau mereka tidak main kan kita tidak tahu perkembangannya, seperti pemain senior kadang antara latihan dan pertandingan berbeda," jelas Rasiman.