Liga Champions

4 Fakta yang Lahir dari Kemenangan Inter Milan Atas Barcelona di Liga Champions

Rabu, 5 Oktober 2022 10:38 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Aksi Ousmane Dembele di laga Inter Milan vs Barcelona (05/10/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Aksi Ousmane Dembele di laga Inter Milan vs Barcelona (05/10/22). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah fakta menarik yang lahir dari pertandingan Inter Milan vs Barcelona di Liga Champions (Champions League).

Inter Milan sukses meraih kemenangan saat menjamu Barcelona di matchday ketiga Grup C Liga Champions di Stadion Giuseppe Meazza, Rabu (10/05/22) dinihari WIB.

Tuan rumah berhasil mengatasi perlawanan Barcelona dengan skor akhir 1-0. Hakan Calhanoglu jadi pahlawan kemenangan, berkat gol tunggalnya.

Padahal Barcelona tampil lebih dominan di sepanjang babak pertama. Akan tetapi rapatnya barisan pertahanan Inter Milan, membuat sulit tim tamu mencetak gol.

Bahkan pada menit ke-18 Robert Lewandowski harus melakukan percobaan tendangan jarak jauh, saking sulitnya melakukan fenetrasi ke gawang Inter Milan.

Sementara itu Inter Milan mengandalkan serangan balik tapi sangat efektif. Buktinya, mereka punya kesempatan mencetak gol di menit ke-23.

Bek tengah Barcelona Eric Garcia melakukan handball di kotak terlarang. Namun setelah pengecekan VAR, Inter justru dianggap offside lebih dulu, sehingga handball tadi tidak sah.

Kebuntunan sempat pecah di menit ke-28. Berawal dari serangan balik cepat, Joaquin Correa berhasil mengecoh kiper dan mencetak gol.

Akan tetapi gol harus dianulir wasit, karena sang pemain sudah dalam posisi offside. Inter Milan akhirnya benar-benar mencetak gol jelang babak pertama usai.

Menit ke-45+2, Calhanoglu mengambil inisiatif tendangan mendatar dari luar kotak penalti untuk menaklukkan kiper Marc-Andre Ter Stegen.

Di babak kedua, Barcelona bermain lebih efektif. Kontro bola mereka juga lebih tersusun dan sabar, untuk membongkar pertahanan Inter Milan.

Hasilnya beberapa kali ancaman mereka tebar ke gawang Inter Milan. Seperti peluang dari Ousmane Dembele.

Penyerang asal Prancis itu melepaskan tendangan keras ke arah gawang, tapi masih membentur mistar menit ke-60.

Menit ke-68 Barcelona sempat menyamakan kedudukan jadi 1-1. Sayang, gol Pedri dari kemelut di depan gawang lawan harus dianulir, karena bola terlebih dahulu mengenai tangan Ansu Fati dilihat dari tayangan VAR.

Sampai laga berakhir, Barcelona tetap tidak mampu menjebol gawang Inter Milan yang rapat dan disiplin itu, meski sudah mendapatkan tambahan waktu delapan menit.

Kemenangan ini membuat Inter Milan naik ke posisi ke-2 klasemen Liga Champions Grup C dengan koleksi 6 poin, sedangkan Barcelona turun ke posisi ke-3. Usai pertandingan, terdapat sejumlah fakta menarik: