Bola Internasional

Detik-detik Gol Arkhan Kaka untuk Kemenangan Timnas Indonesia U-17 vs EUA: Banjir Pujian Netizen

Kamis, 6 Oktober 2022 09:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Arkhan Kaka dibanjiri pujian dari netizen usai mencetak gol berkelas untuk kemenangan Timnas Indonesia U-17 atas Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Arkhan Kaka dibanjiri pujian dari netizen usai mencetak gol berkelas untuk kemenangan Timnas Indonesia U-17 atas Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

INDOSPORT.COM – Sosok Arkhan Kaka dibanjiri pujian dari netizen usai mencetak gol berkelas untuk kemenangan Timnas Indonesia U-17 atas Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Striker Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Putra jadi pahlawan saat kalahkan Uni Emirat Arab di laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (05/10/22) di Stadion Pakansari.

Dua golnya antarkan skuad Garuda Asia menang 3-2. Arkhan mencetak gol pertama ke gawang Uni Emirat Arab pada menit ke-30. Lalu gol kedua dilesakan di babak kedua, tepatnya menit ke-54. 

Gol terakhir Arkhan Kaka di laga Uni Emirat Arab tersebut jadi sorotan netizen lantaran tercipta lewat sebuah tendangan tajam dari sebuah skema berkelas rekan-rekannya.

Hal ini terlihat dalam cuplikan video detik-detik jelang Arkhan Kaka mencetak gol yang diunggah sebuah akun di Twitter @Deden64846092.

Berawal dari permainan bola pendek para pemain Timnas Indonesia saat kedudukan imbang 2-2, kemudian sempat melebar ke kanan yang dikombinasikan umpan 1-2.

Sayangnya, upaya pertama Timnas Indonesia membobol gawang UEA gagal usai umpan Rizdjar Subagja gagal dieksekusi rekan setimnya usai bola dimentahkan kiper UEA.

Giliran pada upaya kedua, Timnas Indonesia kembali membangun serangan dengan umpan pendek dan singkat.

Habil Yafi dari sisi sayap menusuk ke tengah dan kemudian menyodorkan bola ke Kafiatur Rizky yang menunggu di luar kotak penalti.

Oleh Kafiatur, bola justru tak langsung dilesakkan ke gawang namun malah diserahkan ke Arkhan Kaka yang rupanya dalam posisi terbaiknya.

Menurut Arkhan, selebrasi itu dilakukannya secara spontan. Tapi, dia juga menghormati sosok Bambang Pamungkas dan jadikan panutan. 

"Soal selebrasi, itu spontan dan refleks saja. Sebab Pak Bambang dulu tandem ayah saya di Timnas Indonesia. Jadi saya menghargai beliau," ujar Kaka.

Arkhan Kaka merupakan putra dari mantan striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Purwanto. Sang ayah pernah berduet dengan Bambang Pamungkas di Timnas Indonesia dan Persija pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.