Bola Internasional

Eks Pelatih Timnas Singapura di Piala AFF Bawa Ventforet Kofu ke Final Piala Kaisar Jepang

Kamis, 6 Oktober 2022 00:28 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© http://affsuzukicup.com/
Eks pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida yang kini menangani tim J2 League Ventforet Kofu. Copyright: © http://affsuzukicup.com/
Eks pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida yang kini menangani tim J2 League Ventforet Kofu.

INDOSPORT.COM - Piala Kaisar Jepang 2022 kembali menghadirkan kejutan besar, kali ini dari tim Meiji Yasuda J2 League, Ventforet Kofu.

Musim ini, gelaran Piala Kaisar diikuti oleh 88 tim, terdiri dari 18 tim J1 League, 22 tim J2 League, 1 tim amatir, dan 47 wakil prefektur dari seluruh Jepang.

Sebanyak 48 tim yaitu 47 wakil prefektur yang memenangi kualifikasi di prefektur mereka bersama satu tim amatir pilihan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) masuk di putaran pertama, sebelum kemudian tim-tim J1 dan J2 League masuk di putaran kedua.

Tim J2 League, Tokyo Verdy, sempat membuat kejutan besar dengan menang 1-0 melawan penguasa Liga Jepang saat ini, Kawasaki Frontale, pada putaran ketiga lalu.

Verdy kemudian menang 2-1 lawan tim J1 League lainnya, Jubilo Iwata, pada babak 16 besar sebelum dihentikan Kyoto Sanga di babak delapan besar.

Akan tetapi, kejutan terbesar bukan lahir dari perjalanan Tokyo Verdy, tetapi dari tim J2 League lainnya, Ventforet Kofu.

Ventforet Kofu berhasil melangkah ke partai puncak setelah mengalahkan tim J1 League, Kashima Antlers, 1-0 pada laga semifinal melalui gol tunggal Junma Miyazaki.

Sebelumnya, tim yang dulu pernah diperkuat Irfan Bachdim tersebut menyingkirkan Universitas Internasional Pasifik di putaran kedua (5-1).

Lalu menang 2-1 lawan Hokkaido Consadole Sapporo di putaran ketiga, mengalahkan Sagan Tosu 3-1 di 16 besar, dan menang 2-1 lawan Avispa Fukuoka di perempat final sebelum masuk ke semifinal.