Bola Internasional

Kisah Juara Tanpa Mahkota di Piala Dunia, Duo Penyihir Ferenc Puskas dan Johan Cruyff hingga Italia 90

Sabtu, 8 Oktober 2022 14:37 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© allfinweb.com
Kisah Juara tanpa mahkota di Piala Dunia. Salah satunya Johan Cruyff dan Timnas Belanda. Copyright: © allfinweb.com
Kisah Juara tanpa mahkota di Piala Dunia. Salah satunya Johan Cruyff dan Timnas Belanda.

INDOSPORT.COM Piala Dunia memang menjadi salah satu kompetisi mengerikan hingga timnas Hungaria, Belanda dan Italia gagal menjadi juara meski memiliki skuat mengerikan.

Kompetisi empat tahunan, Piala Dunia segera digelar di akhir tahun 2022 nanti dengan negara timur tengah, Qatar didapuk sebagai tuan rumah.

Piala Dunia dikenal sebagai kompetisi yang mengerikan, mengingat tim yang bertanding merupakan negara-negara yang terbukti punya kemampuan terbaik mewakili benua masing-masing.

Terbukti, hanya delapan negara berbeda yang mampu mengangkat trofi hingga nanti gelaran Piala Dunia 2022. Tentu mengangkat trofi Piala Dunia merupakan impian banyak pemain top dunia.

Bahkan, bintang-bintang sepak bola dunia, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menggantungkan mimpi untuk meraih trofi Piala Dunia 2022 di akhir karier mereka.

Kendati demikian, ada tiga tim yang gagal mengangkat trofi Piala Dunia, meskipun punya skuad mentereng. Berikut ulasannya.

Hungaria 1954

Timnas Hungaria tahun 1954 dikenal sebagai salah satu tim top dunia berjuluk Magical Magyars yang diisi oleh trio Ferenc Puskas, Sandor Kocsis, dan Zoltan Czibor.

Periode emas Magical Magyars sendiri diawali pada Olimpiade 1952 dengan menghancurkan Inggris 6-3 di Stadion Wembley dan 7-1 di Budapest, Hungaria.

Dengan didukung formasi 2-3-3-2 ala pelatih legendaris Gustav Sebes, Hungaria menggabungkan antara kekuatan individual dan kolektivitas tim

Pada gelaran Piala Dunia 1954 saja, Hungaria yang tidak jadi favorit mampu mengguncang dengan menggulung Korea Selatan (9-0) dan Jerman (8-3) di babak penyisihan grup.