Liga Italia

3 Pemain Udinese yang Bisa Andrea Sottil Bawa ke Juventus Andai Gantikan Massimiliano Allegri

Minggu, 9 Oktober 2022 15:08 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Instagram@#andreasottil
Andrea Sottil, pelatih Udinese Calcio. Foto: Instagram@#andreasottil Copyright: © Instagram@#andreasottil
Andrea Sottil, pelatih Udinese Calcio. Foto: Instagram@#andreasottil

INDOSPORT.COM - Posisi Massimiliano Allegri sebagai manajer Juventus kembali dalam tekanan usai di lanjutan Liga Italia (Serie A) 2022/2023 timnya mengalami kekalahan dari AC Milan dengan skor 2-0 pada Sabtu (08/10/22) lalu.

Teriakan untuk meminta agar allenatore asal Italia itu dilengserkan pun semakin terdengar jelas. Belum diketahui siapa yang pantas untuk menggantikannya namun Andrea Sottil dari Udinese mungkin sanggup menjadi suksesor.

Meski belum punya CV segemerlap Allegri namun Sottil adalah pelatih yang relatif muda dan punya rekor apik di Liga Italia musim ini. Dengan skuat minim pemain bintang, ia sudah mampu membawa Udinese bersaing di empat besar hingga memasuki pekan kesembilan.

Saat tulisan ini dibuat, I Zebrette ada di posisi keempat dengan koleksi 19 poin atau hanya berjarak sebiji poin saja dari ketiga rival diatanya yakni Napoli, Atalanta, dan AC Milan.

Sottil berbekal taktik ofensif, berkebalikan dengan Allegri saat ini di Juventus, dan menyulap Udinese menjadi kuda hitam yang patut diwaspadai.

Terbukti dengan sudah adanya 17 gol yang telah dicetak oleh Roberto Pereyra cs sejauh ini dan angka tersebut menempatkan mereka sebagai kesebelasan paling produktiv kedua di Liga Italia 2022/2023.

Padahal data dari FBref menunjukkan jika Udinese bukan tim yang gemar menguasai penguasaan bola. Andrea Sottil hanya ingin anak-anak asuhnya bermain efektif.

Dari 47% ball possesion, terendah ketujuh di Liga Italia, mereka sudah bisa membuat 22,5 situasi yang berbuah pada tembakan per 90 menit.

Bandingkan dengan Juventus yang punya 50,3% aliran bola namun cuma bisa menciptakan situasi berujung shot sebanyak 18,22 kali. Massimiliano Allegri tidak heran terus mendapat kritik.

Namun jika nantinya Sottil akan pindah ke Allianz Stadium, ia tetap butuh pemain yang pas demi menjalankan filosofinya. 3 bintang Udinese berikut ini kami rasa pantas untuk diajaknya mengenakan jersey Hitam-Putih ala Juventus.