Liga Inggris

Umuh Muchtar Setuju Kick-off Pertandingan Sore Hari, Peringatkan Operator Kompetisi

Selasa, 11 Oktober 2022 08:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, setuju kick-off pertandingan kompetisi di Indonesia digelar pada sore hari. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, setuju kick-off pertandingan kompetisi di Indonesia digelar pada sore hari. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, setuju kick-off pertandingan kompetisi di Indonesia digelar pada sore hari, pasalnya demi keamanan dan kenyamanan.

Sebagai informasi, Persib menjadi salah satu tim yang mengkritisi jadwal pertandingan malam hari, apalagi sebelumnya dalam draft awal jadwal Liga 1 2022-2023, mereka paling sering bermain pada waktu tersebut.

Manejemen Persib saat itu langsung melayangkan surat keberatan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB), terkait jadwal kick-off malam hari. Operator kompetisi akhirnya mengubah jadwal laga skuad Maung Bandung di awal liga menjadi sore hari.

Apalagi, pihak kepolisian belum memberikan izin Persib bermain kandang pada malam hari. Bahkan, pertandingan pekan ke-11 menghadapi Persija Jakarta dimajukan menjadi sore hari.

Meskipun pada akhirnya, pertandingan menghadapi Persija ditunda, lantaran kompetisi Liga 1 2022-2023 dihentikan akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22).

Umuh Muchtar mengapresiasi kerja keras pihak Kepolisian terutama Polda Jabar dalam mengambil keputusan terkait pengamanan, di antaranya mengenai izin pertandingan sore hari.

"Saya ucapkan terima kasih, Alhamdulillah ini luar biasa, karena ini untuk menertibkan dan untuk kenyamanan di Jabar. Kelihatan sekali, Pak Kapolda sangat serius untuk pengamanan Persib, karena Persib tiap pertandingan apalagi dengan Persija dan Malang, itu luar biasa," kata Umuh Muchtar, Senin (10/10/22).

Umuh menambahkan, keputusan pihak Kepolisian yang tidak memberikan izin Persib bermain kandang pada malam hari patut diapresiasi, pasalnya jika laga berlangsung malam hari sangat rawan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Umuh juga mengingatkan operator kompetisi untuk tidak memikirkan keuntungan sepihak, di antaranya mengenai jam kick-off pertandingan.

"Jadi kalau nanti ke depan, saya terima kasih ke Pak Kapolda yang mempertahankan (kick-off) jam 15.30, itu sudah bagus, jadi saya ingatkan kepada para PSSI, LIB, jangan yang dipikirkan itu keuntungan sepihak," ungkapnya.