Liga Indonesia

Menpora Berharap Liga 1 Tak Lama Berhenti, tapi...

Rabu, 12 Oktober 2022 21:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berharap perhelatan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 berhenti terlalu lama.

Roda kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 memang berhenti sementara. Hal ini tak lepas karena tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu.

Seperti diketahui tragedi kelam terjadi di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 yang mempertemukan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang 1 Oktober lalu.

Dengan kejadian ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memerintahkan sepak bola berhenti sejenak. Menpora Zainudin Amali pun tidak mengetahui kapan roda kompetisi kapan kembali bergulir.

Saat ini pemerintah juga masih melakukan audit stadion yang biasa digunakan untuk pertandingan Liga 1. 

"Sejalan dengan arahan Pak Presiden, kita akan ada kepastian kapan akan mulai lagi liga, dan yang diaudit itu adalah stadion-stadion yang sudah ada dan digunakan," ucap Zainudin Amali.

"Terkait kapan liga mulai, kami belum tahu ya kami akan mensimulasikan lagi," tambah Amali.

Zainudin Amali menambahkan kapan kompetisi  bergulir menjadi ranah PSSI dan pihak kepolisian.