Liga Indonesia

Menpora: Tragedi Kanjuruhan Tak Ganggu Persiapan Piala Dunia U-20 2023

Rabu, 12 Oktober 2022 16:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Zainudin Amali resmi membuka perhelatan Media Cup 2022 di Triboon Mini Soccer, Kamis (06/10/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Zainudin Amali resmi membuka perhelatan Media Cup 2022 di Triboon Mini Soccer, Kamis (06/10/22).

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali memastikan kejadian di Stadion Kanjuruhan awal bulan ini tidak mengganggu persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, kejadian Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur mengakibatkan ratusan korban jiwa. Hal itu membuat FIFA ikut turun tangan. 

Namun, kejadian itu tidak berpengaruh terhadap status Indonesia sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 2023.

Pemerintah terus melakukan perbaikan infrastruktur, baik itu renovasi stadion yang akan digunakan maupun fasilitas pendukung lainnya. 

“(Persiapan) masih jalan, insya Allah tidak ada gangguan, perbaikan infrastruktur tetap jalan,” ujar Menpora, Zainudin Amali ke awak media. 

Menpora menjelaskan, sejatinya Indonesia sudah siap menyelenggarakan Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 lalu. Namun, adanya pandemi membuat kejuaraan itu ditunda hingga tahun 2023.

Sehingga stadion-stadion yang awalnya menjadi venue Piala Dunia U-20 kemudian digunakan sementara oleh klub-klub untuk pertandingan Liga. Karenanya, kini venue tersebut butuh renovasi minor.