Piala Dunia 2022

Kisah Memalukan Gary Lineker di Piala Dunia 1990: 'Cepirit' di Celana saat Bertanding

Jumat, 14 Oktober 2022 21:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Gary Lineker saat masih berseragam Barcelona. Copyright: © Getty Images
Gary Lineker saat masih berseragam Barcelona.

INDOSPORT.COM – Mengenang kisah memalukan Gary Lineker, eks penyerang Timnas Inggris yang ‘cepirit’ di celana saat bertanding di Piala Dunia 1990.

Piala Dunia selalu menghadirkan kisah-kisah unik. Entah itu yang kisah menggelikan, kisah inspiratif, dan kisah-kisah yang menyedihkan.

Sebagai contoh, terdapat kisah unik saat India gagal berpartisipasi di Piala Dunia 1950 karena alasan nyeleneh, yakni tak mau menggunakan sepatu.

India yang saat itu lolos tanpa kualifikasi karena wakil-wakil Asia lainnya memilih mundur dari perhelatan kualifikasi Piala Dunia 1950.

Alasannya disebut-sebut karena FIFA selaku penyelenggara melarang India bermain tanpa alas sepatu alias nyeker pada saat itu.

Usut punya usut, FIFA sudah melarang India bermain ‘nyeker’ sejak mereka tampil ciamik sepanjang Olimpiade 1948 London.

Namun dalam laporan lainnya, disebutkan bahwa India tak jadi berpartisipasi di Piala Dunia 1950 karena kekurangan biaya untuk berangkat ke Brasil.

Terlepas dari apa alasan pasti tersebut, kisah India gagal berpartisipasi di Piala Dunia 1950 pun menjadi salah satu kisah paling menggelikan sepanjang sejarah ajang ini.

Selain kisah menggelikan India, Piala Dunia juga pernah menghadirkan kisah memalukan yang melibatkan nama penyerang legendaris Timnas Inggris, Gary Lineker.

Kisah memalukan itu terjadi karena Gary Lineker ‘cepirit’ di celananya saat bertanding di Piala Dunia 1990. Bagaimana kisahnya?