Liga Indonesia

Tak Boleh Pakai Stadion Kanjuruhan Hingga Akhir Musim, Ini 3 Opsi Markas Arema FC

Minggu, 16 Oktober 2022 09:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ilham Oktafian
© Arema FC
Klub Liga 1, Arema FC dilarang menggunakan Stadion Kanjuruhan, Malang hingga berakhirnya musim kompetisi 2022-2023. Berikut 3 Stadion yang bisa dipakai oleh Singo Edan. Copyright: © Arema FC
Klub Liga 1, Arema FC dilarang menggunakan Stadion Kanjuruhan, Malang hingga berakhirnya musim kompetisi 2022-2023. Berikut 3 Stadion yang bisa dipakai oleh Singo Edan.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Arema FC dilarang menggunakan Stadion Kanjuruhan, Malang hingga berakhirnya musim kompetisi 2022-2023. Berikut 3 Stadion yang bisa dipakai oleh Singo Edan.

Tragedi yang terjadi setelah Derby Jatim melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang Sabtu (01/10/22) lalu, menimbulkan sanksi yang sangat berat bagi Arema FC.

Bagaimana laga derby yang seharusnya berjalan seru dan menarik itu, nyatanya harus berakhir tragis. Ratusan korban jiwa jatuh dalam insiden karena gas air mata.

Klub berlogo kepala singa pun menjadi pihak yang paling bertanggung jawab atas tragedi ini. Arema FC lantas dijatuhi sanksi berat melalui Sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI pada Rabu (04/10/22) lalu.

Melalui surat bernomor 061/L1/SK/KD-PSSI/X/2022, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi berupa larangan menggelar laga home selama Liga 1 musim 2022/2023 berlangsung.

Sementara Derby Jatim menjamu Persebaya yang berujung tragedi itu, menjadi laga home ke-6 bagi tim besutan Javier Roca di Liga 1 musim ini.

Itu artinya, Jayus Hariono dkk sudah tidak boleh lagi bertanding di Malang dalam 11 jadwal home, yang terdiri dari 3 jadwal home di putaran pertama dan 8 lainnya di paruh kedua.

Tragedi Kanjuruhan yang menelan 132 korban meninggal dunia itu juga berakibat sanksi denda sebesar Rp250 juta bagi Arema FC, lantaran adanya beragam pelanggaran regulasi dari suporter. Lantas, bagaimana dengan kelanjutan 11 laga home tim berjulukan Singo Edan itu pada lanjutan Kompetisi Liga 1 nanti?

Komdis PSSI menjawabnya dengan kewajiban Arema FC mencari stadion alternatif untuk menggelar laga home berjarak 250 kilometer di luar Malang. Sanksi lainnya adalah tanpa penonton selama sanksi berlaku.

Indosport kemudian merangkum sejumlah opsi bagi Arema FC untuk menggelar 11 laga home selama menjalani sanksi tersebut. Berikut ini 3 opsi stadion yang bisa digunakan Arema FC.