In-depth

Gianluca Lapadula, Pemain Terpinggirkan AC Milan Paling Gigih Era Vincenzo Montella

Senin, 17 Oktober 2022 16:31 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Instagram@gianluca_lapadula_official
Gianluca Lapadula saat masih di AC Milan. Foto: Instagram@gianluca_lapadula_official. Copyright: © Instagram@gianluca_lapadula_official
Gianluca Lapadula saat masih di AC Milan. Foto: Instagram@gianluca_lapadula_official.

INDOSPORT.COM - Sungguh berliku-liku perjalanan Gianluca Lapadula dalam menapaki kariernya, termasuk pernah bermain untuk klub Liga Italia (Serie A), AC Milan.

Jika melihat CV pemain kelahiran Turin ini, terlihat jelas bahwa perjalanannya sebagai pesepak bola memang tidak mudah.

Sempat menimba ilmu di Juventus saat muda, Gianluca Lapadula memulai karier seniornya bersama sebuah klub bernama Pro Vercelli pada 2007.

Pada waktu itu, namanya tidak banyak dikenal publik, bahkan saat ia sudah berseragam Parma dua tahun kemudian.

Ya, AC Milan-lah yang membuat Gianluca Lapadula mulai dilirik oleh publik Liga Italia. The power of big club, tentu saja.

Kepindahan ke raksasa Milan harusnya menjadi titik balik karier striker Timnas Peru itu usai mengalami pasang surut karier di level bawah.

Akan tetapi, sepak terjangnya bersama Rossoneri ternyata tidak kalah berliku dari masanya bersama klub-klub yang berkasta lebih rendah.

Hanya saja, satu yang pasti bahwa Gianluca Lapadula adalah perwujudan sosok pemain dengan etos kerja, kegigihan, dan semangat juang tinggi.

Pasalnya, keputusan AC Milan memboyongnya saat era Vincenzo Montella tidak jarang mengundang tanda tanya besar di benak segenap pelaku sepak bola di Liga Italia.

Siapa Gianluca Lapadula? Kala itu ia ‘hanya’ pemain yang pernah berpartisipasi di kompetisi level tiga, Lega Pro (Serie C), yang kemudian beranjak ke Serie B setelah mantan klub yang dibelanya mengalami masalah.