Liga Indonesia

PSSI Buka Peluang Kerjasama dengan 2 Klub Besar dan Uji Coba Melawan Timnas Belanda

Senin, 17 Oktober 2022 15:19 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI membuka peluang untuk melakukan kerjasama dengan federasi sepak bola Belanda (KNVB) serta dua klub asal Belanda, yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
PSSI membuka peluang untuk melakukan kerjasama dengan federasi sepak bola Belanda (KNVB) serta dua klub asal Belanda, yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

INDOSPORT.COM - PSSI membuka peluang untuk melakukan kerjasama dengan federasi sepak bola Belanda (KNVB) serta dua klub asal Belanda, yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

PSSI memang baru saja mengirimkan delegasinya yang di mana diwakili oleh Direktur Teknik, Indra Sjafri, asisten pelatih Timnas Indonesia, Kim Jong-jin serta Hamdan Hamedan ke Negeri Belanda.

Dalam kunjungan tersebut delegasi PSSI diterima oleh Manajer Hubungan Internasional Michael van der Star serta kedua koleganya yang membidangi tim nasional dan pemasaran.

Selain bertukar informasi mengenai best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita dan Pengelolaan Timnas.

"Klub berperan kunci, lewat scouting network, dalam mencari pemain di Belanda dengan mengerahkan banyak scout ke berbagai pertandingan usia muda," ucap Indra Sjafri.

"Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih," jelas Indra Sjafri.

Selain itu, delegasi PSSI mengadakan pertemuan dengan dua klub papan atas Belanda yakni Ajax dan Feyenoord.

Pembahasan dengan dua klub tersebut mencakup pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola, dan potensi pemain Indonesia bermain di kedua klub tersebut.

"Saya tertarik mengajak Ajax Amsterdam untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia)."

"Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana," pungkas Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga membahas mengenai wacana pemusatan latihan di Belanda dan laga uji coba Timnas Indonesia U-20 melawan Timnas Belanda U-20.