In-depth

Para Pesepak Bola yang Pensiun di Usia 29 Tahun, Ada David Beckham-nya Jepang

Rabu, 19 Oktober 2022 12:14 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Steele /Allsport/Gettyimages
Hidetoshi Nakata saat masih membela AS Roma. Foto: Michael Steele /Allsport/Gettyimages. Copyright: © Michael Steele /Allsport/Gettyimages
Hidetoshi Nakata saat masih membela AS Roma. Foto: Michael Steele /Allsport/Gettyimages.

INDOSPORT.COM - Melihat para pemain yang memutuskan pensiun di usia 29 tahun, termasuk eks Liverpool, Jon Flanagan, dan David Beckham-nya Jepang, Hidetoshi Nakata.

Belum lama ini, jagat sepak bola kembali mencatat satu nama yang memutuskan gantung sepatu dari laga-laga kompetitif.

Jon Flanagan, bek kelahiran 1 Januari 1993, mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola profesional, setelah berstatus tanpa klub dalam beberapa waktu terakhir.

Keputusan pensiun tersebut diungkapkan sang pemain melalui unggahan media sosial, yakni Twitter dan Instagram.

“Setelah pertimbangan yang hati-hati, saya akhirnya membuat keputusan terberat yakni pensiun dari sepak bola,” tulisnya.

Lebih lanjut, ia membeberkan kondisi kebugarannya yang telah bermasalah cukup lama. Ya, cedera berkepanjangan memaksa mantan pemain Rangers tersebut gantung sepatu sebelum usia kepala 3.

“Selama 14 bulan terakhir, saya sudah mencoba sebaik mungkin untuk bisa pulih setelah menjalani operasi lutut. Akan tetapi, kesehatan jangka panjang saya lebih penting,

“Jadi menurut nasihat medis, hal terbaik bagi saya saat ini adalah berhenti bertanding,” tulisnya lagi, sembari mendeskripsikan rasa bersyukurnya bisa mencapai titik karier sekarang ini.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungnya, termasuk menyertakan suporter di setiap klub yang dibelanya: Liverpool, Rangers, Burnley, dan lain-lain.

Tentu saja, Jon Flanagan bukan pemain sepak bola pertama sepanjang sejarah yang pensiun di usia 29 tahun.