In-depth

Union Berlin: Tim Modal 'Keberuntungan' yang Kangkangi Bayern Munchen di Liga Jerman

Kamis, 20 Oktober 2022 19:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Lisi Niesner
Selebrasi para pemain Union Berlin di laga kontra Borussia Dortmund (16/10/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner) Copyright: © REUTERS/Lisi Niesner
Selebrasi para pemain Union Berlin di laga kontra Borussia Dortmund (16/10/22). (Foto: REUTERS/Lisi Niesner)

INDOSPORT.COM – Musim 2022/23 penuh kejutan, terutama di Liga Jerman (Bundesliga). Salah satunya adalah kiprah Union Berlin yang mengangkangi Bayern Munchen.

Jika menyebut nama Liga Jerman atau Bundesliga, semua penikmat sepak bola tentu sepakat Bayern Munchen adalah rajanya.

Jika Bayern Munchen tengah melempem, maka masih ada nama rival abadinya, Borussia Dortmund, yang menjadi raja pengganti Bundesliga.

Namun di Bundesliga Jerman 2022/23 ini, Bayern Munchen dan Dortmund sama-sama tak berada di puncak. Justru tim bernama Union Berlin yang tengah menduduki singgasana di klasemen sementara.

Union Berlin mampu menduduki puncak klasemen sementara Bundesliga Jerman 2022/23 setelah meraih 23 poin dari 10 pertandingan yang ada.

Torehan ini membuat tim berjuluk Die Eisernen ini unggul empat poin atas juara musim lalu, Bayern Munchen yang duduk di peringkat kedua dengan 19 poin dari 10 laga.

Union Berlin mampu menduduki puncak klasemen Bundesliga 2022/23 ini usai meraih tujuh kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan saja.

Bahkan di laga terakhinya di Bundesliga, Union Berlin secara mengejutkan mampu menaklukkan Dortmund dengan skor 2-0.

Banyak yang meyakini Union Berlin mampu menampilkan permainan apik sehingga bisa mengangkangi tim sekelas Bayern Munchen di klasemen dan mengalahkan Dortmund.

Namun siapa sangka, kiprah apik Union Berlin ini ternyata bisa dikatakan keberuntungan semata. Kok bisa? Apa yang membuat tim promosi Bundesliga pada 2019 tersebut dikatakan beruntung?