In-depth

5 Fakta Cho Byung-kuk, Asisten Pelatih Baru Shin Tae-yong di Timnas yang Pernah Juara Liga Champions

Jumat, 21 Oktober 2022 19:40 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Peltih timnas Indonesia, Shin Tae-yong baru saja menunjuk asisten pelatih baru Cho Byung-kuk. Berikut fakta-faktanya.

Teka-teki siapa sosok asisten pelatih baru Shin Tae-yong akhirnya terkuak sudah. Dia adalah CCho Byung-kuk, mantan rekan setimnya sewaktu masih aktif menjadi pesepakbola profesional.

Cho Byung-kuk menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia menggantikan Dzenan Radonic yang memilih mundur, dengan alasan keluarga dimana ibunya sakit keras dan pulang kampung ke negaranya, Montenegro.

Cho Byung-kuk, yang mantan pemain Timnas Korea, pernah bermain untuk Seongnam Ilhwa Chunma pada 2005-2010 yang sempat dilatih Shin Tae-yong.

Sebelum namanya muncul ke permukaan, sosok Cho Byung-kuk sudah lebih dahulu dibocorkan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Nanti dikasih tahu. Bukan rahasia sebenarnya, cuma saya namanya tidak hafal. Coba ditanyakan ke bidang tim nasional," jelas Indra Sjafri.

Cho Byung-kuk dikabarkan sudah bergabung ke Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Turki. Timnas U-20 sudah berlatih di Turki sejak 16 Oktober.

"Sudah berangkat dari Australia ke Turki. Orang Korea," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengonfirmasi soal Cho Byung-kuk menjadi asisten Shin Tae-yong.

Dengan hadirnya asisten pelatih yang baru, kini Shin Tae-yong mempunyai lima tangan kanan yang membantu meracik Timnas Indonesia. Kelimanya adalah Choi In-cheul, Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, Kim Jong-jin dan Nova Arianto. 

Selain itu, Shin Tae-yong juga punya dua penerjemah. Keduanya yaitu Jeong Seok-seo dan Yoo Jae-hoon yang merupakan mantan kiper Persipura Jayapura.

Choi In cheul, Nova Arianto, dan tangan kanan baru Shin Tae-yong berperan sebagai asisten pelatih. Sementara Kim Bong-soo merupakan pelatih kiper, Shin Sang-gyu adalah pelatih fisik, dan Kim Jong-jin analisis pertandingan.

Selama menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah beberapa kali ditinggalkan asistennya. Setidaknya ada empat nama yang hengkang yakni Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong, sampai Gong Oh-kyun.

Lantas seperti apa sosok dan fakta-fakta menarik dari asisten pelatih baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Cho Byung-kuk. Berikut ulsannya: