Liga Indonesia

Sosok Asisten Pelatih Baru Pilihan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Akhirnya Terkuak

Kamis, 20 Oktober 2022 21:29 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

INDOSPORT.COM - Direktur teknik PSSI, Indra Sjafri menyampaikan bahwa asisten pelatih baru untuk Timnas Indonesia sudah dipilih oleh Shin Tae-yong. Sosok anyar itu telah bergabung ke pemusatan latihan Timnas U-20 di Turki.

Asisten pelatih baru itu didatangkan setelah salah asisten pelatih sebelumnya, Dzenan Radoncic mengundurkan diri. Nama terakhir pilih pulang ke Montenegro karena ibunya sedang sakit.

Tangan kanan baru pilihan Shin Tae-yong itu berasal dari Korea Selatan. Keduanya disebut pernah berkerja sama sebelumnya.

"Asisten baru Shin Tae-yong sudah berangkat dari Australia ke Turki. Dia berasal dari Korea Selatan," ujar Indra Sjafri.

Akan tetapi, Dirtek PSSI tidak mengungkap identitas asisten pelatih anyar Timnas Indonesia itu. Indra Sjafri mengaku tidak ingat dengan namanya.

"Nanti dikasih tahu. Bukan rahasia sebenarnya, cuma saya namanya tidak hafal. Coba ditanyakan ke bidang tim nasional," jelas Indra Sjafri.

Dengan hadirnya asisten pelatih yang baru, kini Shin Tae-yong mempunyai lima tangan kanan yang membantu meracik Timnas Indonesia. Kelimanya adalah Choi In-cheul, Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, Kim Jong-jin dan Nova Arianto. 

Selain itu, Shin Tae-yong juga punya dua penerjemah. Keduanya yaitu Jeong Seok-seo dan Yoo Jae-hoon yang merupakan mantan kiper Persipura Jayapura.

Choi In cheul, Nova Arianto, dan tangan kanan baru Shin Tae-yong berperan sebagai asisten pelatih. Sementara Kim Bong-soo merupakan pelatih kiper, Shin Sang-gyu adalah pelatih fisik, dan Kim Jong-jin analisis pertandingan.

Selama menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah beberapa kali ditinggalkan asistennya. Setidaknya ada empat nama yang hengkang yakni Kim Hae-woon, Kim Woo-jae, Lee Jae-hong, sampai Gong Oh-kyun.