Liga Indonesia

Bocoran Pelatih Timnas U-23 di SEA Games 2023, Indra Sjafri Jadi Juru Taktik?

Jumat, 21 Oktober 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI bersama Dirtek PSSI Indra Sjafri dan Sekjen PSSI Yunus Nusi memantau latihan Timnas Indonesia U-19 sebelum berangkat TC ke Korea Selatan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Madya Senayan, Rabu (02/03/22).

INDOSPORT.COM - PSSI sedang mencari kandidat pelatih untuk timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Pasalnya, Shin Tae-yong sedang berkonsetrasi menangani timnas senior dan U-20.

Timnas Indonesia U-20 akan tampil di Piala Asia U-20 2023 pada 1-18 Maret tahun depan. Lalu dilanjut Piala Dunia U-20 mulai 20 Mei 2023.

Sementara SEA Games 2023 dijadwalkan berlangsung pada 5-16 Mei atau berada di tengah-tengah dua event tersebut. Sedangkan timnas senior mulai berpartisipasi di Piala Asia 2023 pada 16 Juni-16 Juli tahun depan. 

Dengan jadwal tersebut, Shin Tae-yong diminta PSSI untuk melepas timnas U-23 ke pelatih lain karena target utamanya manggung di Piala Asia 2023 bersama timnas U-20 dan senior.

Untuk tampil di SEA Games 2023, beberapa kandidat pun disebut-sebut jadi pelatih timnas U-23 mulai dari Bima Sakti (pelatih Timnas U-17) dan Nova Arianto (asisten pelatih Shin Tae-yong).

Namun, hingga kini PSSI belum menentukan pilihan. Ketua Umum Mochamad Iriawan disebut akan berdiskusi terlebih dulu dengan Shin Tae-yong dan dialah yang paling tahu kebutuhan timnas Indonesia.

“Sekarang belum diputuskan, pasti akan didiskusikan Pak Ketum bersama coach Shin,” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Selain Bima Sakti dan Nova Arianto yang menjadi kandidat, muncul satu nama lain yang disinyalir bisa saja memimpin timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023, yakni Indra Sjafri. 

Sosok direktur teknik PSSI itu tidak asing dengan event tersebut karena pernah membawa timnas U-23 raih medali perak di SEA Games 2019 lalu di Filipina.

Rumor itu mencuat, merunut pada keterangan di akun Instagram Indra Sjafri yang mencantumkan informasi jadi pelatih kepala skuad Garuda Muda. 

Namun, Indra Sjafri langsung memberikan bantahan. Dia memastikan hanya membantu supaya timnas Indonesia  berprestasi dengan berperan sebagai direktur teknik. 

“Saya akan fokus untuk membantu bagaimana pekerjaan coach Shin sukses,” jawab Indra Sjafri ketika ditanya peluang melatih timnas U-23 di SEA Games 2023.

Sementara itu, Bima Sakti juga telah memberikan jawaban soal rumor tersebut. Dia memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan menangani timnas Indonesia U-23. 

Bima Sakti menilai masih ada pelatih lain yang lebih kompeten dan akan mensupport penuh. Dia ingin fokus bersama timnas Indonesia U-17 jelang Asian Youth Games 2022 pada Desember nanti. 

"Banyak yang lebih kompeten dan siap. saya serahkan ke PSSI, tapi saya akan support karena kita masih ada Asian Youth Games. Lebih baik sosok  lain saja yang bisa berkoordinasi dengan coach Shin Tae-yong," ujar Bima Sakti beberapa waktu lalu.

Bima Sakti baru saja memimpin timnas Indonesia U-17 bertarung di Kualifikasi Piala Asia 2023. Sayangnya, Garuda Asia gagal lolos ke putaran final karena tidak masuk ke jajaran enam runner up terbaik.