Liga Indonesia

Totalitas, Asisten Luis Milla di Persib Belajar Bahasa Indonesia

Jumat, 21 Oktober 2022 15:30 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung di Liga 1, Manuel Perez-Cascallana saat memberikan program latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Asisten pelatih Persib Bandung di Liga 1, Manuel Perez-Cascallana saat memberikan program latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

INDOSPORT.COM - Manuel Perez-Cascallana, memutuskan untuk kursus bahasa Indonesia di tengah kesibukannya sebagai asisten pelatih Persib Bandung di Liga 1, Luis Milla.

Menurut Manu, sapaan akrabnya, ada beberapa alasan yang membuatnya memutuskan untuk belajar bahasa Indonesia. Selain untuk mempermudah tugasnya dalam menyampaikan pesan Luis Milla kepada pemain, dia juga tertarik dengan perbahasaan.

"Karena saya sekarang tinggal di Indonesia, saya perlu memahami bahasa dari pemain," kata Manu.

"Karena, kebanyakan dari pemain kami tidak berbicara dengan bahasa Inggris. Jadi saya ingin berkomunikasi dengan mereka dan karena itu maka saya belajar bahasa (Indonesia)," ujar Manu menambahkan.

Manu mengaku, belajar bahasa asing bukan yang pertama baginya. Pasalnya sebelumnya ia sudah sempat bekerja dengan beberapa orang dari berbagai daerah, sehingga dia turut mempelajari bahasanya.

Sejauh ini, selain bahasa Spanyol, Manu juga menguasai bahasa Inggris serta sedikit bisa berbicara bahas Turki hingga Cina.

"Saya tentunya bisa berbicara bahasa Inggris dan juga Spanyol. Tapi saya juga bisa sedikit berbicara bahasa Turki, Cina, karena saya pernah bekerja dengan orang-orang dari negara tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, Manu juga sempat bekerja di India, meski begitu dia tidak terlalu menguasai bahasanya, pasalnya ada perbedaan bahas di kota tempatnya bekerja. 

"Kalau India itu sedikit berbeda, karena di Kolkata itu mereka bicara bahasa Bengali, bukan India. Jadi memang ada beberapa kata yang saya pahami, tapi saya tidak terlalu lancar," ucapnya.