Liga Indonesia

Indosiar Jelaskan Tidak Ada Perbedaan Dokumen Digital di Tragedi Kanjuruhan

Sabtu, 22 Oktober 2022 20:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Berbagai spanduk menghiasi salah satu pintu Stadion Kanjuruhan. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Berbagai spanduk menghiasi salah satu pintu Stadion Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Direktur Program Indosiar, Harsiwi Achmad memang sudah menghadiri pemanggilan dirinya oleh Komnas HAM.

Harsiwi menjelaskan pemanggilan dirinya mengenai klarifikasi soal beda keterangan dokumen digital Tragedi Kanjuruhan, Malang.

Harsiwi Achmad memang dimintai keterangan terkait penjadwalan Liga 1 2022-2023. Hal ini tak lepas dari tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan dalam pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Arema FC menjamu Persebaya Surabaya 1 Oktober lalu.

Dalam tragedi ini menewaskan 134 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka ringan maupun berat.

Pemanggilan pihak Indosiar selaku broadcaster Liga 1 2022-2023 tak lepas terkait penjadwalan Liga 1.

"Saya sudah mencatat beberapa hal di sini. Pertama adalah Indosiar hadir untuk mengklarifikasi apa yang sebelumnya dianggap berbeda dengan keterangan dokumen yang kami sampaikan sebelumnya," buka Harsiwi.

"Kedua memang tidak ada perbedaan karena dokumen tersebut merupakan bukti komunikasi Indosiar dengan PT LIB untuk saling mencocokan jadwal," jelas Harsiwi.

Harsiwi mengatakan, Indosiar selaku penayang Liga 1 bergepang dari jadwal yang sudah diberikan oleh PT LIB sebelum Liga 1 2022-2023 bergulir.

Dia pun menjelaskan bahwa Indosiar selaku melakukan komunikasi dengan pihak LIB agar jadwal pertandingan bisa sesuai dengan jadwal.

"Kemudian dalam konteks ini wajar jika ada komunikasi dari pihak Indosiar supaya jadwal pertandingan bisa sesuai dengan jadwal awal yang sudah ditentukan sebelumnya."