Liga Indonesia

3 Kiper Timnas U-20 'Disiksa', Asisten Shin Tae-yong: Kita Bawa Nama Negara!

Minggu, 23 Oktober 2022 18:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Asisten pelatih timnas Indonesia, Kim Bong-soo. Copyright: © PSSI
Asisten pelatih timnas Indonesia, Kim Bong-soo.

INDOSPORT.COM - Tiga kiper timnas Indonesia U-20, Erlangga Setyo, Daffa Fasya, dan Aditya Arya mendapatkan tempaan keras dari pelatih kiper Kim Bong-soo. Mental mereka juga diuji selama menjalani pemusatan latihan di Turki.

Kim Bong-soo sangat tegas dan teliti dalam melatih para penjaga gawang. Tak jarang, ia bahkan memarahi tiga anak asuhnya apabila terlihat tidak bersemangat atau saat salah melakukan gerakan.

Tangan kanan Shin Tae-yong itu menuntut para kiper untuk berkonsentrasi penuh selama latihan. Kim Bong-soo tidak ingin gawang timnas Indonesia U-20 kebobolan dengan gampang saat pertandingan.

“Gara-gara satu hari istirahat konsentrasi kalian jadi berkurang,” kata Kim Bong-soo yang kemudian diterjemahkan Yoo Jae-hoon.

“Tangan harus lurus maksimal sewaktu tangkap bola. Jangan pikir kalau kebobolan gol itu tak apa-apa, kita harus selalu maksimal,” tegas Kim Bong-soo.

Kim Bong-soo meminta ketiga kiper tersebut untuk bergerak lebih cepat. Sepersekian detik aksi mereka bisa menentukan gawang timnas Indonesia U-20 aman atau kebobolan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengingatkan ketiga kiper timnas U-20 untuk berani melompat dan menjatuhkan badan saat menghalau bola.

Bagi Kim Bong-soo, pemain harus punya mati-matian saat dipanggil ke timnas Indonesia. Tidak ada kata santai dalam latihan karena mereka mempertaruhkan nama bangsa dan negara.

“Semua itu berhubungan dengan ketepatan waktu. Harus sedikit lebih cepat, tangan lurus, lempar badan kalian. Latihan dan prestasi itu penting karena kita membawa nama negara,” teriak Kim Bong-soo.