In-depth

John Cofie: Disebut Lebih Hebat dari Paul Pogba, Berakhir Jadi Pemain Antah-berantah

Selasa, 25 Oktober 2022 18:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
John Cofie saat masih bermain untuk klub Liga Inggris, Manchester United. Foto: Getty Images. Copyright: © Getty Images
John Cofie saat masih bermain untuk klub Liga Inggris, Manchester United. Foto: Getty Images.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Johan Cofie, eks pemain klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United yang sempat disebut lebih hebat dari Paul Pogba?

Sepanjang Manchester United berdiri sebagai klub papan atas Inggris, telah lahir pula sederet bintang muda yang menjelma jadi pemain hebat bertaraf internasional.

Hari-hari terakhir Sir Alex Ferguson sebagai juru taktik pun turut menjadi saksi bagaimana talenta-talenta muda seperti Jesse Lingard dkk mulai mentas ke panggung utama Liga Inggris.

Meski tidak sementereng Class of ‘92 yang super populer tersebut, angkatan Jesse Lingard, kemudian Ravel Morrison dkk juga tidak kalah hebat dari para seniornya.

Akan tetapi, ada satu pemain yang tidak mampu mempertahankan potensinya di Manchester United dan pada akhirnya harus angkat kaki dari klub.

Ia adalah Johan Cofie, yang turut menjuarai FA Youth Cup 2011 bersama Ravel Morrison dkk, saat menghantam Sheffield 4-1 di Old Trafford.

Sebelumnya, pemain kelahiran 21 Januari 1993 ini didatangkan dari akademi Burnley ketika usianya masih 14 tahun. Pada waktu itu, ia dilabeli dengan nilai 1 juta poundsterling.

Transfer tersebut pun menjadikan John Cofie pemain termuda yang berharga jutaan poundsterling, seperti pernah diwartakan Give Me Sport.

Setelah merapat ke Manchester United, ia mulai meniti karier di level junior dan punya kesempatan besar untuk menembus tim reserve.

Hanya saja, John Cofie justru berakhir sebagai pemain spesialis pinjaman yang dikirim ke sejumlah klub demi mengumpulkan menit bermain.