Piala Dunia 2022

Langka, 3 Sosok yang Bisa Menjuarai Piala Dunia sebagai Pemain dan Pelatih

Rabu, 26 Oktober 2022 18:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih merupakan hal yang terbilang langka, tetapi tiga sosok ini berhasil melakukannya. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
Menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih merupakan hal yang terbilang langka, tetapi tiga sosok ini berhasil melakukannya. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM – Menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih merupakan hal yang terbilang langka. Namun, tiga sosok ini berhasil melakukannya.

Piala Dunia merupakan kompetisi paling elite di kancah sepak bola. Saking elite-nya, sulit untuk menjuarai ajang ini karena gengsi yang dimiliki.

Sulitnya menjuarai Piala Dunia karena ajang ini berbeda dengan ajang bergengsi lainnya, yakni digelar empat tahun sekali.

Karenanya, sulit bagi suatu negara meraih gelar juara atau sekadar mempertahankan gelarnya sejak FIFA menggelar ajang ini pada 1930 silam.

Banyak pemain dan pelatih ternama di dunia bermimpi bisa meraih titel Piala Dunia karena prestisenya ajang empat tahunan ini.

Namun, untuk memenangkannya dibutuhkan pengalaman serta mental bertanding yang kuat agar bisa mengatasi tekanan yang ada.

Sebagai contoh, beberapa pemain ternama seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo serta pelatih ternama seperti Louis van Gaal belum pernah sekali pun menjuarai Piala Dunia.

Sehingga, baik Messi, Ronaldo, dan Van Gaal pun akan berusaha kuat bersama negara-negaranya untuk menjuarai Piala Dunia 2022 ini.

Berbeda dengan Messi, Ronaldo, dan Van Gaal, ada beberapa sosok yang justru bisa merasakan mengangkat gelar Piala Dunia sebanyak dua kali.

Tak tanggung-tanggung, sosok-sosok ini bisa meraih gelar Piala Dunia saat masih berstatus pemain dan saat menjadi pelatih. Siapa saja mereka?